PENGEMBANGAN SMART BEATER BOLA KASTI UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR


Desi Damayanti, 0602513013 (2018) PENGEMBANGAN SMART BEATER BOLA KASTI UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN SMART BEATER BOLA KASTI UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SISWA  SEKOLAH DASAR]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN SMART BEATER BOLA KASTI UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Desi Damayanti. 2018. “Pengembangan Smart Beater Bola Kasti Untuk Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar”. Tesis. Program Studi Pendidikan Olahraga. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Setya Rahayu M.S., Pembimbing II Dr. Harry Pramono, M.Si Kata Kunci: Pengembangan Pemukul Bola Kasti. Permainan bola kasti merupakan jenis permainan yang mudah didapat dan sederhana akan tetapi bentuk permainan yang selama ini diberikan kepada siswa akan membuat bosan siswa apabila guru dalam penyampaian materi yang diberikannya tidak pandai dalam mengolah dan meramu materi tersebut, salah satunya banyak siswa yang mengalami kesulitan saat melakukan pukulan pada permainan ini. Pengembangan alat pemukul untuk membantu siswa mudah melakukan pukulan sangat dibutuhkan agar dapat memberikan pengalaman yang berharga dan percaya diri saat berhasil melakukan pukulan dengan baik. Hilangnya minat dan turunnya motivasi siswa terhadap permainan kasti salah satunya adalah kesulitan siswa dalam melakukan pukulan karena alat pemukul yang memiliki penampang sangat kecil, sehingga pukulan yang dilakukan siswa jarang mengenai bola. Penelitian menggunakan metode pengembangan R&D. Prosedur penelitian pengembangan yang dilakukan yaitu: 1)potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) Ujicoba Produk, 7)Ujicoba pemakaian. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar. Instrumen dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Produk Pengembangan pemukul bola kasti “SMART BEATER” dapat digunakan sebagai sarana media pembelajaran permainan bola kasti untuk sekolah dasar, 2)Produk Pengembangan pemukul bola kasti “SMART BEATER ” dapat digunakan untuk meningkatkan kemapuan gerak teknik dasar memukul bola kasti untuk sekoalah dasar. 3)Produk Pengembangan pemukul bola kasti “SMART BEATER” dapat digunakan untuk bermain permainan bola kasti untuk sekolah dasar. Bagi seluruh Sekolah dasar harapannya bisa menggunakan Produk produk pemukul bola kasti “SMART BEATER” untuk menungjang dan meningkatkan ketercapaian pembelajaran permainan bola kasti.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan Pemukul Bola Kasti.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Physical Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 27 Oct 2020 04:36
Last Modified: 27 Oct 2020 04:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40684

Actions (login required)

View Item View Item