KEEFEKTIFAN MEDIA MAGIC CARD PICTURE DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SBDP MATERI KARYA DEKORATIF PADA SISWA KELAS III SDN TEGALWANGI 02 KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL
Citra Ayu Pawestri, 1401416258 (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA MAGIC CARD PICTURE DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SBDP MATERI KARYA DEKORATIF PADA SISWA KELAS III SDN TEGALWANGI 02 KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA MAGIC CARD PICTURE DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SBDP MATERI KARYA DEKORATIF PADA SISWA KELAS III SDN TEGALWANGI 02 KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL)
- Published Version
Download (11MB) | Preview |
Abstract
Media pembelajaran menjadi salah satu faktor pendukung akan keberhasilan proses pembelajaran. Pada umumnya guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga siswa menjadi cepat bosan dan membuat suasana kelas menjadi ramai. Perlunya inovasi yang dapat menarik minat dan meningkatkan hasil belajar. Media Magic Card Picture menjadi media pembelajaran yang dapat membantu guru. Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan media Magic Card Picture ditinjau dari minat dan hasil belajar SBdP Materi Karya Dekoratif pada siswa kelas III SDN Tegalwangi 02 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan bentuk nonquivalent control group design. Jumlah anggota populasi sebanyak 42 siswa yang terdiri dari 21 siswa kelas IIIA sebagai kelas kontrol dan 21 siswa kelas IIIB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan minat belajar siswa antara yang menggunakan media Magic Card Picture dengan media gambar, hasil penelitian diperoleh nilai -thitung< -ttabel (-2,721< -2,021) dan signifikansi <0,05 (0,010<0,05), (2) Media Magic Card Picture tidak efektif ditinjau dari minat belajar siswa, hasil penelitian diperoleh thitung <- ttabel (-3,464 < -2,086) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,002 < 0,05), (3) keefektifan media gambar lebih baik daripada media Magic Card Picture ditinjau dari minat belajar siswa, hal ini dibuktikan secara empiris selisih rata-rata nilai awal dan akhir minat belajar di kelas eksperimen 3,71, sedangkan kelas kontrol 10,14. (4) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan media Magic Card Picture dengan media gambar, hasil penelitian. diperoleh nilai –ttabel ≤ thitung ≤ ttabel (-2,021 ≤ 0,320 ≤ 2,021) dan signifikansi >0,05 (0,751> 0,05). (5) Media Magic Card Picture tidak efektif ditinjau dari hasil belajar siswa, hasil penelitian nilai -ttabel ≤ thitung ≤ ttabel (-2,086 ≤ 0,447 ≤2,086) dan signifikansi lebih dari 0,05 (0,659 > 0,05). (6) keefektifan media Magic Card Picture lebih baik daripada media gambar ditinjau dari hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan secara empiris selisih rata-rata nilai awal dan akhir hasil belajar di kelas eksperimen 48,57, sedangkan kelas kontrol 47,38. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan guru hendaknya mulai menggunakan media yang sesuai dengan karakteristik materi. Pihak sekolah menyediakan sarana dan prasarana yang memadai baik bagi guru maupun siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Media Magic Card Picture, Minat Belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 04:33 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 04:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40683 |
Actions (login required)
View Item |