KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK ISLAMI MENINGKATKAN RELIGIUSITAS DAN KESIAPAN MENGHADAPI KEMATIAN ANGGOTA PWRI JAKARTA


Susiati, 0105513057 (2018) KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK ISLAMI MENINGKATKAN RELIGIUSITAS DAN KESIAPAN MENGHADAPI KEMATIAN ANGGOTA PWRI JAKARTA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK ISLAMI MENINGKATKAN RELIGIUSITAS DAN KESIAPAN MENGHADAPI KEMATIAN ANGGOTA PWRI JAKARTA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK ISLAMI MENINGKATKAN RELIGIUSITAS DAN KESIAPAN MENGHADAPI KEMATIAN ANGGOTA PWRI JAKARTA)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Susiati, 2018, Keefektifan Bimbingan Kelompok Islami Meningkatkan Religiusitas dan Kesiapan Menghadapi Kematian pada Anggota PWRI Jakarta. Tesis, Program Studi Bimbingan Konseling, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Pembimbing: I. Dr. Anwar Sotoyo, M.Pd., II. Prof. Dr. Rustono, M.Hum. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok Islami, Religiusitas, Kesiapan Menghadapi Kematian Kehilangan kehidupan atau kematian merupakan hal yang pasti akan dialami oleh setiap manusia khususnya para lanjut usia, sebagai terminasi dari fase akhir kehidupannya. Salah satu upaya yang perlu dilakukan para lanjut usia dalam mempersiapkan kematian adalah dengan meningkatkan religiusitasnya dengan memperbaiki nilai akidah, akhlak dan ibadahnya. Religiusitas atau penghayatan terhadap agama ternyata besar pengaruhnya terhadap taraf kesehatan fisik dan mental lanjut usia. Usaha untuk mewujudkan lansia yang memiliki religiusitas tinggi dan kesiapan menghadapi kematian tinggi diperlukan sebuah teknik atau cara penyampaian yang tepat. Dalam hal ini bimbingan kelompok islami dianggap tepat karena menggunakan Al-quran dan Hadist sebagai rujukannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran religiusitas dan kesiapan menghadapi kematian, serta keefektifan bimbingan keompok islami untuk meningkatkan religiusitas dan kesiapan menghadapi kematan anggota pesiunan PWRI. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis religiusitas dan kesiapan menghadapi kematian sebelum dan sesudah mendapatkan bimbingan kelomok islami serta menganalisis keefektifan bimbingan kelompok islami untuk meningkatkan religiusitas dan kesiapan menghadapi kematian pada anggota pesiunan PWRI, Pondok Labu, Jakarta. Desain penelitian ini menggunakan metode eksperimen,dengan desain one group pretest-posttest.Subjek penelitian sebanyak 8 orang anggota kelompok. Pengujian hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan tingkat religiusitas anggota PWRI antara Pretest dan Posttest, tingkat religiusitas saat Posttest lebih tinggi dibandingkan saat Pretest, (ᵶ=-2,52; p<0,01). Temuan penelitian ini juga menunjukan bahwa tingkat kesiapan menghadapi kematian saat Posttest lebih tinggi dibnadingkan saat Pretest, (ᵶ=-2,52; p<0,01). Hasil penelitian ini menegaskan bahwa, bimbingan kelompok islami signifikan untuk meningkatkan religiusitas dan kesiapan menghadapi kematian. Hasil penelitian ini diharapkan mampu dikembangkan kembali dengan karakteristik subjek penelitian yang lebih heterogen.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bimbingan Kelompok Islami, Religiusitas, Kesiapan Menghadapi Kematian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Adolescent Behavior
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 27 Oct 2020 04:24
Last Modified: 27 Oct 2020 04:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40680

Actions (login required)

View Item View Item