PENGARUH SELF-EFFICACY, ORIENTASI TUJUAN DAN ORIENTASI MORAL RELIGIUS TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK DI SMK (Implimentasinya Dengan Bimbingan dan Konseling)


Siti Khumaeroh, 0105516054 (2019) PENGARUH SELF-EFFICACY, ORIENTASI TUJUAN DAN ORIENTASI MORAL RELIGIUS TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK DI SMK (Implimentasinya Dengan Bimbingan dan Konseling). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SELF-EFFICACY, ORIENTASI TUJUAN DAN ORIENTASI MORAL RELIGIUS TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK DI SMK (Implimentasinya Dengan Bimbingan dan Konseling)]
Preview
PDF (PENGARUH SELF-EFFICACY, ORIENTASI TUJUAN DAN ORIENTASI MORAL RELIGIUS TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK DI SMK (Implimentasinya Dengan Bimbingan dan Konseling))
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Khumaeroh, Siti. 2018. “Pengaruh Self-efficacy, Orientasi Tujuan, dan Orientasi Moral Religius Terhadap Kecurangan Akademik di SMK se Kecamatan Kedungtuban Blora”. Tesis, program studi bimbingan dan konseling. Pascasarjana. Universitas negeri semarang. Pembimbing I Dr. Drs. Edy Purwanto, M. Si. Pembimbing II Dr. Awalya, M. Pd., Kons. Kata kunci: self-efficacy, orientasi tujuan, orientasi moral religius, kecurangan akademik. Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena permasalahn kecurangan akademik yang dialami siswa di Kecamatan Kedungtuban Blora. Peneliti ini bertujuan untuk memperoleh data empiris dan memastikan pengaruh signifikansi antara self-efficacy, orientasi tujuan, dan orientasi moral religius sebagai variabel dependen terhadap kecurangan akademik. Desain penelitian ini menggunakan korelasi ekplanatorik dengan sampel berjumlah 275 responden yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen self-efficacy, orientasi tujuan, orientasi moral religius, dan kecurangan akademik. Uji validitas dengan kontruk (0,377 > 0,36). Uji reliablitas dengan konstruk (0,918 > 0,70). Pengumpulan data menggunakan instrumen self-efficacy, orientasi tujuan, orientasi moral religius, dan kecurangan akademik. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket/kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) self-efficacy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecurangan akademik (β = -0,196; p < 0,05). 2) Mastery goals dan Performance goal berpengaruh terhadap kecurangan akademik (β = -0,156; p < 0,01 dan β = 0,377; p < 0,01). 3) Orientasi moral religius tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kecurangan akademik (β = -0,079; p > 0,05). Penelitian ini memberikan pemahaman bagi konselor mengenai prediksi keterlibatan self-efficacy, orientasi tujuan dan orientasi moral religius terhadap kecurangan akademik. Untuk peneliti selanjutnya supaya bisa melakukan penelitian berkenaan dengan orientasi moral religius yang menyebabkan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kecurangan akademik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: self-efficacy, orientasi tujuan, orientasi moral religius, kecurangan akademik.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Efficacy
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:46
Last Modified: 27 Oct 2020 03:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40668

Actions (login required)

View Item View Item