KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF SISWA SMK LPI SEMARANG


RAHMADI TARMIZI, 0106517026 (2019) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF SISWA SMK LPI SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF SISWA SMK LPI SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF SISWA SMK LPI SEMARANG)
Download (899kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Rahmadi Tarmizi, 2019. Keefektifan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self-Management Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa SMK LPI Semarang. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang, Pembimbing I Prof. Dr. Dwi Yuwono Puji Sugiharto, M.Pd., Kons. Pembimbing II Dr. Anwar Sutoyo, M.Pd. Kata Kunci: konseling kelompok, teknik self-management, cognitive restructuring, perilaku agresif. Perilaku agresif dikalangan remaja saat ini menjadi marak terjadi di berbagai daerah, banyak fenoma yang bermunculan di berbagai media seperti media cetak, televisi dan media sosial memberitakan tentang perilaku agresif remaja disekolah, sehingga ini menghambat perkembangan siswa sendiri karena itu konselor sekolah perlu melakukan penanganan khusus untuk mengatasi itu. Intervensi konseling kelompok dengan menyisipkan teknik di dalamnya dapat membantu konselor untuk mengurangi perilaku agrsif tersebut diantaranya teknik dari CBT self-management dan cognitive restructuring. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan konseling kelompok dengan teknik self-management dan teknik cognitive restructuring untuk mengurangi perilaku agresif siswa SMK LPI Semarang, kemudian di analisis tingkat perbedaan keefektifan dari masing-masing teknik. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen Randomized Pretest-posttest Comparison Group Design. Melibatkan subyek sebanyak 18 siswa kelas XI dan XII SMK LPI Semarang yang dipilih secara purposive sampling dari total populasi 65 siswa, subjek dibagi menjadi tiga kelompok yang masing-masing diberi intervensi teknik self-management kelompok A teknik cognitive restructuring kelompok B dan kelompok kombinasi teknik self-management dan teknik cognitive restructuring kelompok C masing-masing 5 sesi pertemuan. Instrument utama yang digunakan adalah Aggression Questionnaire dengan koefisien alpha sebesar 0,909. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik self-management, teknik cognitive restructuring dan kombinasi teknik self-management dan cognitive restructuring efektif untuk mengurangi perilaku agresif siswa SMK LPI Semarang. Masing-masing teknik memberikan tingkat keefektifan yang sama sehingga tidak terdapat perbedaan yang signifikan tingkat keefektifan teknik self-management, teknik cognitive restructuring dan kombinasi teknik self-management dan cognitive restructuring untuk mengurangi perilaku agresif siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa siswa SMK LPI Semarang sangat membutuhkan intervensi konseling kelompok dengan teknik self-management dan teknik cognitive restructuring untuk mengurangi perilaku agresif telah terbukti efektif dan dapat digunakan untuk mengurangi perilaku agresif siswa. Disarankan bagi konselor sekolah agar dapat menggunakan intervensi ini sebagai solusi alternatif dalam melakukan penanganan bagi siswa yang cenderung melakukan perilaku agresif di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: konseling kelompok, teknik self-management, cognitive restructuring, perilaku agresif.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > Vocational Skill
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 27 Oct 2020 10:19
Last Modified: 27 Oct 2020 10:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40663

Actions (login required)

View Item View Item