PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PORTOFOLIO BERBASIS PROYEK MATERI PROGRAM APLIKASI PENGOLAH KATA


Annisa Phieraz Probosari, 0106513008 (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PORTOFOLIO BERBASIS PROYEK MATERI PROGRAM APLIKASI PENGOLAH KATA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PORTOFOLIO BERBASIS PROYEK MATERI PROGRAM APLIKASI PENGOLAH KATA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PORTOFOLIO BERBASIS PROYEK MATERI PROGRAM APLIKASI PENGOLAH KATA) - Submitted Version
Download (866kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Probosari, Annisa Phieraz. 2018. “Pengembangan Instrumen Penilaian Portofolio Berbasis Proyek Materi Program Aplikasi Pengolah Kata”. Tesis. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Supriyadi, M.Si., Pembimbing II Dr. Endang Susilaningsih, M.S. Kata Kunci: instrumen penilaian portofolio, project based learning, valid, reliabel. Pengembangan dan kualitas instrumen penilaian kompetensi siswa dalam materi program aplikasi pengolah kata belum terlaksana dengan baik dan belum terstandar sehingga kualitasnya belum terjamin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian portofolio berbasis proyek pada materi program aplikasi pengolah kata yang berkualitas (valid dan reliabel). Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R and D). Uji coba dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jekulo Kabupaten Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data faktual penilaian kemampuan siswa terhadap materi program aplikasi pengolah kata di SMP belum menggunakan instrumen yang terstandar karena guru belum mengembangkan instrumen penilaian tanpa melalui uji validitas dan reliabilitas sehingga kualitasnya tidak dijamin sebagai instrumen penilaian yang baik. Pengembangan prototype instrumen penilaian portofolio berbasis proyek materi program aplikasi pengolah kata di SMP menggunakan tahapan pengembangan instrumen penilain dari Djemari Mardapi dengan menambahkan 1 (satu) langkah yaitu kegiatan studi pendahuluan. Hasil dari pengembangan instrumen ini berupa instrumen dan rubrik penilaian pengetahuan, keterampilan, produk, dan presentasi. Validasi kelayakan isi instrumen penilaian memperoleh rata-rata skor 83%, aspek kebahasaan memperoleh rata-rata skor 81% dan dari aspek penyajian intrumen penilaian yang dikembangkan memperoleh persentase rata-rata skor kelayakan penyajian sebesar 83%. Uji reliabilitas instrumen penilaian portofolio berbasis proyek menunjukkan bahwa semua butir instrumen penilaian reliabel dengan nilai koefisien Kappa berada pada rentangan antara 0.61 s.d 0.80 > 0.7. Respon guru menunjukkan 85% guru menyatakan instrumen penilaian hasil pengembangan praktis dan 80% guru menyatakatan berkualitas serta mendapat respon positif dari siswa. Instrumen penilaian portofolio berbasis proyek materi program aplikasi pengolah kata di SMP hasil pengembangan dalam penelitian ini sangat cocok untuk diterapkan/disebarluaskan di sekolah lain karena telah teruji kualitasnya sebagai instrumen penilaian yang baik yaitu valid dan reliabel.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: instrumen penilaian portofolio, project based learning, valid, reliabel.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Pasca Sarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:21
Last Modified: 27 Oct 2020 03:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40662

Actions (login required)

View Item View Item