DESAIN UNIVERSAL PEMBELAJARAN DAN SISTEM PENILAIAN KELAS INKLUSIF BAGI MAHASISWA DIFABEL BERBASIS PENDEKATAN INTEGRATIF


Alimul Huda, 0106514010 (2018) DESAIN UNIVERSAL PEMBELAJARAN DAN SISTEM PENILAIAN KELAS INKLUSIF BAGI MAHASISWA DIFABEL BERBASIS PENDEKATAN INTEGRATIF. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DESAIN UNIVERSAL PEMBELAJARAN DAN  SISTEM PENILAIAN KELAS INKLUSIF BAGI MAHASISWA DIFABEL BERBASIS PENDEKATAN INTEGRATIF]
Preview
PDF (DESAIN UNIVERSAL PEMBELAJARAN DAN SISTEM PENILAIAN KELAS INKLUSIF BAGI MAHASISWA DIFABEL BERBASIS PENDEKATAN INTEGRATIF) - Submitted Version
Download (638kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Huda, Alimul. 2018. Desain Universal Pembelajaran dan Sistem Penilaian Kelas Inklusif Bagi Mahasiswa Difabel Berbasis Pendekatan Integratif. Tesis. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Masrukan, M.Si., Pembimbing II Dr. Sulhadi, M.Si. Sensitifitas perguruan tinggi terhadap kaum difabel masih rendah. Masih sedikit perguruan tinggi yang memberikan akses pendidikan, fasilitas, sarana, maupun kurikulum. Kesamaan akses pendidikan bagi kaum difabel hanya terwujud dengan tersedianya kebijakan, layanan institusi terhadap mahasiswa difabel serta modifikasi lingkungan belajar, yang kesemuanya terangkum dalam sebuah desain yang sifatnya universal. Penelitian ini mencoba mengungkap bagaimana sistem pembelajaran dan penilaian didesain secara universal, sehingga lebih aksesible bagi mahasiswa difabel. Melalui penelitian ini diharapkan bisa ditemukan sebuah formula pembelajaran dan penilaian yang menekankan prinsip-prinsip kesetaraan pada setting kelas inklusif. Penelitian ini menggunakan metode gabungan (mixed method). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, interview, observasi dan studi dokumen. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif, sedangkan analisis data kualitatif menggunakan siklus interaktif yang komponennya meliputi reduksi data (data reduction), sajian data (data display), dan penggambaran kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran dan sistem penilaian yang digunakan di perguruan tinggi inklusif sudah di desain secara universal dengan mempertimbangkan aspek aksesibilitas dan melalui pendekatan integratif. Meskipun begitu jumlah bahan ajar yang berbentuk digital masih sangat minim dan perlu ada peningkatan proses pembelajaran melalui differentiated instructional. Sedangkan desain universal sistem penilaian dilakukan dengan menerapkan metode ujian yang lebih aksesibel dan berorientasi pada mahasiswa difabel serta menerapkan sistem penilaian yang lebih adil tanpa didasarkan pada belas kasihan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > Disability
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > Disability
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:15
Last Modified: 27 Oct 2020 03:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40660

Actions (login required)

View Item View Item