PENGARUH ACHIEVEMENT GOAL TERHADAP PERILAKU MENGERJAKAN PEKERJAAN RUMAH DAN EMOSI AKADEMIK SEBAGAI MEDIATOR: IMPLIKASI PADA BIMBINGAN DAN KONSELING


Nurul Enggar Permana Sari, 0105516042 (2019) PENGARUH ACHIEVEMENT GOAL TERHADAP PERILAKU MENGERJAKAN PEKERJAAN RUMAH DAN EMOSI AKADEMIK SEBAGAI MEDIATOR: IMPLIKASI PADA BIMBINGAN DAN KONSELING. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH ACHIEVEMENT GOAL TERHADAP PERILAKU MENGERJAKAN PEKERJAAN RUMAH DAN EMOSI AKADEMIK SEBAGAI MEDIATOR: IMPLIKASI PADA BIMBINGAN DAN KONSELING]
Preview
PDF (PENGARUH ACHIEVEMENT GOAL TERHADAP PERILAKU MENGERJAKAN PEKERJAAN RUMAH DAN EMOSI AKADEMIK SEBAGAI MEDIATOR: IMPLIKASI PADA BIMBINGAN DAN KONSELING)
Download (960kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Sari, Nurul Enggar Permana. 2019. “Pengaruh Achievement Goal terhadap Perilaku Mengerjakan Pekerjaan Rumah dan Emosi Akademik sebagai Mediator: Implikasi pada Bimbingan dan Konseling”. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Sugiyo, M.Si. Pembimbing II Sunawan, Ph.D. Kata kunci: achievement goal, perilaku mengerjakan pekerjaan rumah, emosi akademik, implikasi pada konseling Pekerjaan rumah merupakan bagian penting dalam kegiatan pendidikan yang berkontribusi terhadap prestasi terkait dengan aspek belajar dari kebanyakan rutinitas anak usia Sekolah Menengah Atas. Pekerjaan rumah merupakan salah satu strategi yang dimaksudkan supaya siswa belajar dan berlatih mengerjakan tugas di luar jam sekolah secara individual maupun berkelompok. Oleh karena itu, siswa diharapkan memiliki perilaku mengerjakan pekerjaan rumah yang baik, yang dapat dipengaruhi oleh faktor internal (achievement goal dan emosi akademik). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah pengaruh achievement goal terhadap perilaku mengerjakan pekerjaan rumah dan emosi akademik sebagai mediator dan implikasinya pada bimbingan dan konseling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA di Kabupaten Sukoharjo. Sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster purposive sampling, sebanyak 424 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi yang diadaptasi, yang meliputi The Multi-Item Homework Scales, Achievement Goal Questionnaire–Revised (AGQ-R), dan Achievement Emotions Questionnaire. Sedangkan, metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan model persamaan struktural. Hasil structural equation modeling menunjukkan efek mediasi emosi kesenangan dalam menghubungkan dengan konsentrasi dan usaha. Lebih lanjut, secara langsung pendekatan tugas, penghindaran tugas, dan penghindaran lain berpengaruh terhadap emosi senang; pendekatan tugacs dan penghindaran lain berpengaruh terhadap emosi cemas; pendekatan tugas, penghindaran tugas, serta emosi senang berpengaruh terhadap usaha dan konsentrasi. Secara umum dapat disimpulkan bahwa emosi akademik dapat menjadi mediator dalam pengaruh achievement goal terhadap perilaku mengerjakan pekerjaan rumah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang dapat disampaikan yaitu hendaknya konselor dapat mengembangkan emosi yang positif guna meningkatkan tujuan dan perilaku akademik yang adaptif dengan menggunakan berbagai layanan dalam bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: achievement goal, perilaku mengerjakan pekerjaan rumah, emosi akademik, implikasi pada konseling
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Emotion
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:11
Last Modified: 27 Oct 2020 03:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40659

Actions (login required)

View Item View Item