PENGARUH LATIHAN MINDFULNESS DENGAN TEKNIK DEEP BREATHING TERHADAP PENINGKATAN RESILIENSI PADA SISWA SLB NEGERI UNGARAN


Nurhaeda, 0106517088 (2019) PENGARUH LATIHAN MINDFULNESS DENGAN TEKNIK DEEP BREATHING TERHADAP PENINGKATAN RESILIENSI PADA SISWA SLB NEGERI UNGARAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LATIHAN MINDFULNESS  DENGAN TEKNIK DEEP BREATHING  TERHADAP PENINGKATAN RESILIENSI  PADA SISWA SLB NEGERI UNGARAN]
Preview
PDF (PENGARUH LATIHAN MINDFULNESS DENGAN TEKNIK DEEP BREATHING TERHADAP PENINGKATAN RESILIENSI PADA SISWA SLB NEGERI UNGARAN)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Nurhaeda, 2019. “Pengaruh Latihan Mindfulness dengan Teknik Deep breathing Terhadap Peningkatkan Resiliensi pada Siswa SLB Negeri Ungaran”. Tesis. Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Anwar Sutoyo, M.Pd., Pembimbing II Mulawarman, S.Pd., M.Pd. Ph.D. Kata Kunci: mindfulness, deep breathing, resiliensi, disabilitas. Perkembangan individu adalah perubahan yang berlanjut. Keberhasilan dalam mencapai tahap perkembangan akan sangat menentukan keberhasilan di tahap pengembangan selanjutnya. Sebaliknya, jika ada satu proses pengembangan yang terhambat, terganggu, atau bahkan dipenggal dan kemudian ditinggalkan, maka sulit untuk mencapai pengembangan yang optimal dan bahkan memengaruhi kemampuan belajar. Siswa disabilitas mengalami hambatan, gangguan dan kelambatan yang berpotensi pada rendahnya resiliensi, jika tidak mendapatkan intervensi yang tepat berpeluang menjadi krisis berkepanjangan. Resiliensi dapat di tingkatkan karena bukan merupakan atribut yang pasti dan bukan atribut bawaan. Pendekatan mindfulness dalam bimbingan dan konseling adalah salah satu strategi latihan yang dapat meningkatkan keterampilan siswa disabilitas untuk menyadari segala reaksi fisik dan psikologis yang dialami dari waktu ke waktu. Ada juga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh latihan mindfulness dengan teknik deep breathing terhadap peningkatan resiliensi pada siswa SLB Negeri Ungaran. Dalam menjawab masalah penelitian digunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen pre-test post-test control group. Sample berjumlah 12 orang yang dibagi 6 orang kelompok eksperimen dan 6 orang kelompok kontrol dengan purposive sampling. Hasil penelitian ini di temukan bahwa ada perbedaan tingkat resiliensi siswa di sabilitas sebelum dan sesudah mendapatkan latihan mindfulness dengan teknik deep breathing. Dengan menggunakan uji wilcoxon signed-rank test dengan taraf signifikansi 5% dan resiliensi dengan nilai Z= -2.023, p = 0,043 (0,043<0,05). Dengan kata lain bahwa latihan mindfulness berpengaruh terhadap peningkatan resiliensi. Berdasarkan pemaparan diatas, dapat disimpulkan bahwa latihan mindfulness dengan teknik deep breathing berpengaruh terhadap peningkatan resiliensi pada siswa disabilitas di SLB Negeri Ungaran, sehingga harapannya perlu untuk melakukan pelatihan pendekatan terbaru khususnya yang masih berhubungan dengan mindfulness untuk dapat menangani masalah yang sejenis dengan masalah dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: mindfulness, deep breathing, resiliensi, disabilitas.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 27 Oct 2020 10:07
Last Modified: 27 Oct 2020 10:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40658

Actions (login required)

View Item View Item