KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY BERBASIS ISLAM MEREDUKSI PERILAKU DELINKUEN DAN MENINGKATKAN REGULASI DIRI SISWA MAN


Novaili, 0105516046 (2019) KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY BERBASIS ISLAM MEREDUKSI PERILAKU DELINKUEN DAN MENINGKATKAN REGULASI DIRI SISWA MAN. Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY BERBASIS ISLAM MEREDUKSI PERILAKU DELINKUEN DAN MENINGKATKAN REGULASI DIRI SISWA MAN]
Preview
PDF (KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY BERBASIS ISLAM MEREDUKSI PERILAKU DELINKUEN DAN MENINGKATKAN REGULASI DIRI SISWA MAN)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Novaili, “2019 Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy Berbasis Islam Mereduksi Perilaku Delinkuen dan Meningkatkan Regulasi Diri Siswa MAN” Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Bapak Dr. Anwar Sutoyo, M.Pd, Pembimbing II Bapak Prof. Muhammad Japar, M.Si., Kons. Kata Kunci : konseling kelompok, REBT berbasis islam, perilaku delinkuen, regulasi diri. Perilaku delinkuen yang tinggi dan regulasi diri yang rendah memberikan dampak yang negatif pada siswa terutama dalam menghambat proses pembelajarannya di madrasah. Faktor ini yang kemudian menjadi alasan pengantar penulis memilih konseling kelompok pendekatan rational emotive behavior therapy berbasis islam untuk membantu menyadarkan siswa melalui pikiran yang lebih rasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis konseling kelompok rational emotive behavior therapy berbasis islam mereduksi perilaku delinkuen dan meningkatkan regulasi diri siswa MAN. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design dan subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah14 siswa. Data diambil menggunakan instrument hasil adaptasi dari delinquent activities scale dan self regulation scale dengan menggunakan uji Paired sample t-test Hasil uji perilaku delinkuen dan regulasi diri siswa diuji dengan paired sample t-test. Hasil uji paired sample t-test pada perilaku delinkuen menunjukkan (t(6) = 2,97, p < 0,01). Sedangkan hasil uji paired sample t-test pada regulasi diri siswa (t(6) = 2,50, p < 0,01). Berdasarkan hasil uji data di atas, dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok rational emotive behavior therapy berbasis islam efektif dalam mereduksi perilaku delinkuen dan meningkatkan regulasi diri siswa. Saran utama penelitian ini ditujukan kepada konselor untuk menerapkan konseling kelompok pendekatan rational emotive behavior therapy berbasis islam agar tercipta susasana pembelajaran yang semakin kondusif dan tertib.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : konseling kelompok, REBT berbasis islam, perilaku delinkuen, regulasi diri.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 27 Oct 2020 10:04
Last Modified: 27 Oct 2020 10:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40657

Actions (login required)

View Item View Item