KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIF BEHAVIOR TERAPI UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM DAN MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE


MUHD. RIDUWAN, 0105516049 (2019) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIF BEHAVIOR TERAPI UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM DAN MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIF BEHAVIOR TERAPI UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM DAN MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIF BEHAVIOR TERAPI UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM DAN MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE)
Download (858kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Riduwan, Muhd. 2019. Keefektifan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotif Behavior Terapi Untuk Meningkatkan Self Esteem dan Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Siswa. Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Sunawan, S.Pd., M.Si., Ph.D Pembimbing II Prof. Dr. Sugiyo, M.Si Kata kunci : konseling kelompok, Pendekatan Rasional Emotif Behavior Terapi, self esteem, kecanduan game online. Penelitian ini membahas tentang konseling kelompok Pendekatan Rasional Emotif Behavior Terapi untuk meningkatkan self esteem dan menurunkan kecanduan game online siswa. Tujuan penelitian ini: Menganalisis tingkat Self esteem dan kecanduan game online siswa, Menganalisis tingkat keefektifan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotif behavior terapi untuk meningkatkan Self esteem, dan Menganalisis tingkat keefektifan konseling kelompok Rational Emotif Behavior Therapy terhadapa kecanduan game online siswa. Dalam penelitian ini menggunakan model rancangan kuasi eksperimen (eksperiment semu) dengan desain non-equivalent group pretest posttest control design. Populasi dalam penelitian ini adalah 6 kelas VIII SMP Nengeri 1 Jogorogo Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 220. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIa,b,c,d,e,f dengan jumlah 14 orang siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan skala self esteem dan kecanduan game online. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis diskriptif, uji asumsi yang terdiri dari uji homegenitas, uji MANOVA, dan uji WILCOXON. Berdasarkan hasil yang diperoleh, menunjukkan bahwa terdapat peningkatan self esteem dan penurunan kecanduan game online setelah memperoleh layanan konseling kelompok pendekatan rasional emotof behavior terapi, diketahui bahwa untuk Self esteem F(3.10) = 24.237; p<0.01 dan mengurangi kecanduan game online F(3.10) = 29.756; p<0.01, MANOVA pada Tests of Between Subjects Effects. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa konseling kelompok pendekatan rasional emotof behavior terapi efektif untuk meningkatkan self esteem dan mengurangi kecanduan game online. Dari hasil penelitian ini disarankan bagi guru bimbingan dan konseling di sekolah untuk meningkatkan self esteem dan mengurangi kecanduan game online siswa, bisa melaksanakan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotif behavior terapi, dan layanan yang dilakukan supaya berkelanjutan agar siswa berkembang secara optimal. Selanjutnya bagi peneliti yang akan mengkaji dengan tema serupa agar dijadikan salah satu referensi di masa mendatang, supaya dapat dijadikan langkah untuk menyempurnakan berbagai keterbatasan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : konseling kelompok, Pendekatan Rasional Emotif Behavior Terapi, self esteem, kecanduan game online.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 27 Oct 2020 09:55
Last Modified: 27 Oct 2020 09:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40653

Actions (login required)

View Item View Item