KEARIFAN LOKAL PADA PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE CABANG KOTA SEMARANG (TINJAUAN PENDIDIKAN)
Siti Aminah, 3601416015 (2020) KEARIFAN LOKAL PADA PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE CABANG KOTA SEMARANG (TINJAUAN PENDIDIKAN). Under Graduates thesis, Unnes.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pentingnya pendidikan karakter tidak lepas dari berbagai fenomena sosial saat ini, yang ditunjukkan dengan perilaku tidak berkarakter pada peserta didik serta adanya gejala-gejala yang menandakan tergerusnya karakter sebuah bangsa. Sebagai dampak dari globalisasi yang tak difilter dengan baik, sehingga masuklah budaya luar yang sedikit demi sedikit menggerus budaya asli Indonesia. Dengan demikian, perlu diadakan pelestarian budaya lokal Indonesia berupa kearifan-kearifan lokal. Terutama yang mengandung nilai karakter seperti Pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). PSHT merupakan salah satu kearifan lokal yang bertujuan mendidik manusia berbudi pekerti luhur, tahu benar dan salah serta bertaqwa kepada Allah SWT., Tuhan YME. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui apa saja nilai-nilai kearifan lokal pada pencak silat PSHT; (2) penanaman nilai-nilai kearifan lokal pencak silat PSHT; (3) pemanfaatan nilai-nilai kearifan lokal pencak silat PSHT untuk pembelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini adalah Keluarga Besar pencak silat PSHT Cabang Kota Semarang. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai kearifan lokal pada pencak silat PSHT terkandung dalam ajaran PSHT itu sendiri yang meliputi: akhlakul karimah, kebiasaan berjabat tangan dan 3S (Senyum, Salam dan Sapa), menghindari „Ujub, Takabur dan Riya‟, setia kawan, peduli sosial, cinta tanah air dan berjiwa pemimpin; (2) nilai-nilai tersebut ditanamkan melalui pembiasaan dan kegiatan. Pembiasaannya adalah keteladanan, ajang Ke-SH-an, penegakan peraturan dan sanksi pelanggaran siswa. Adapun kegiatannya meliputi: penerimaan anggota baru (PAB), ujian kenaikan tingkat (UKT), kompetisi/ seleksi PSHT Cup, tes ayam jago, Charachter Building, pengesahan warga baru dan tasyakuran warga baru; (3) pemanfaatan kearifan lokal pencak silat PSHT ada dua cara yaitu dijadikan ekstrakurikuler dan sumber belajar IPS. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pencak silat PSHT sebagai salah satu kearifan lokal memiliki nilai-nilai yang arif. Dimana hal ini dapat dimanfaatkan untuk menjadi salah satu pendukung pendidikan karakter siswa di sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kearifan Lokal, Pencak Silat, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > Tradition G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > Local Wisdom H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > Solidarity |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 02:36 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 02:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40645 |
Actions (login required)
View Item |