HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP MA’ARIF NU 01 PEKUNCEN, BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Purwandari, 3601414008 (2020) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP MA’ARIF NU 01 PEKUNCEN, BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3601414008.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan salah satu komponen dalam proses pendidikan yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia, sehingga sangat menentukan keberhasilan siswa terutama dalam kaitan dengan proses belajar mengajar. Setiap guru dituntut untuk mempunyai kompetensi. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Ma’arif Nu 01 Pekuncen Kabupaten Banyumas pada kelas VII menunjukkan bahwa persepsi siswamengenai kompetensi guru masih kurang, khususnya kompetensi pedagogic guru pada mata mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPS di SMP Ma’arif NU 01 Pekuncen, Banyumas Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner (angket) sebagai alat pengumpul data penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Ma’arif NU 01 Pekuncen, Banyumas Tahun Pelajaran 2018/2019. Dan sampel yang digunakan adalah 106 siswa. Dari hasil analisis uji persyaratan data diketahui bahwa baik data persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru maupun hasil belajar dinyatakan berdistribusi normal. Hipotesis penelitian diuji dengan teknik korelasi. Hasil peneliatian menunjukkan bahwa perhitungan koefesien korelasi, besarnya nilai korelasi yaitu 0,943 yan berarti bahwa terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar. Untuk pengujian hipotesis diperoleh t hitung > t tabel sehingga dalam penelitian Ho ditolak sekaligus menerima Ha. Besarnya kontribusi persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru sebesar 88,9% terhadap hasil belajar IPS. Simpulan penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPS di SMP MA’arif NU 01 Pekuncen. Saran bagi guru agar dapat meningkatkan kompetensi pedagogiknya dalam upaya peningkatan kualitas guru dengan cara aktif dalam mengikuti kegiatan rutin MGMP sekolah maupun kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan kompetensi guru agar pencapaian hasil belajar siswa memuaskan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa, kompetensi pedagogik guru, hasil belajar IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:32
Last Modified: 27 Oct 2020 02:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40643

Actions (login required)

View Item View Item