KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK SOLUTION-FOCUSED BRIEF THERAPY UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA NEGERI 1 UNGARAN
KUS HENDAR, 0105516003 (2019) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK SOLUTION-FOCUSED BRIEF THERAPY UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA NEGERI 1 UNGARAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK SOLUTION-FOCUSED BRIEF THERAPY UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA NEGERI 1 UNGARAN)
Download (920kB) | Preview |
Abstract
Hendar, Kus. 2019. “Keefektifan Konseling Kelompok Solution Focused Brief Therapy Untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik dan Self-Efficacy Siswa SMA Negeri 1 Ungaran”. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang.Pembimbing I Dr. Awalya, M.Pd, Kons., Pembimbing II Sunawan, Ph. D. Kata Kunci : resiliensi akademik, self-efficacy, konseling kelompok solution-focused brief therapy Resiliensi merupakan bagian penting yang menentukan keberhasilan diri individu karena resiliensi menunjukan seberapa tangguh individu untuk bangkit dan mampu bertahan dalam situasi apapun. Resiliensi akademik berhubungan dengan pola adaptif individu untuk segera bangkit dari keterpurukan ketika mengalami kegagalan atau penurunan prestasi akademik. Perkembangan resiliensi pada remaja dilakukan dengan meningkatkan self-efficacy remaja ditunjukan dengan siswa yang memiliki keyakinan untuk melakukan tugas atau tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan prestasi akademik. Salah satu pendekatan yang menekankan asumsi bahwa individu memiliki sumber daya dan kekuatan diri ialah pendekatan Solution Focused Brief Therapy. Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan konseling kelompok SFBT dalam meningkatkan resiliensi akademik dan self-efficacy pada siswa SMA Negeri 1 Ungaran. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, desain pretest-posttest control group dengan melibatkan subjek penelitian sebanyak 14 orang yang dipilih secara purposive dari 138 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ungaran. Instrumen penelitian diadopsi dari sub skala resiliensi DMF (Design My Future) dan self-efficacy MSLQ (Motivated strategies for Learning Questionair). Hasil analisis dengan menggunakan Uji Manova dan Wilcoxon menunjukkan bahwa konseling kelompok pendekatan solution focused brief therapy dalam meningkatkan resiliensi akademik (F(3.10) = 36.40; P<0.01, ῃp2 = 0.916) dan self-efficacy (F(3.10) = 40.62; P<0.01 ῃp2 = 0.924). Hasil uji wilcoxon pada kelompok eksperimen resiliensi menunjukan adanya peningkatan resiliensi akademik (Z=-2.388; p- 0.01 <0.05) dan self-efficacy (Z=-2.410: p 0.01 <0.05). Hasil penelitian menunjukan bahwa konseling kelompok pendekatan Solution Focused Brief Therapy efektif untuk meningkatkan resiliensi akademik dan self-efficacy. Hal tersebut didasarkan atas pengaruh yang signifikan yang ditunjukan pada pendekatan yang diberikan. Temuan penelitian ini juga menunjukan bahwa kelompok eksperimen menggunakan pendekatan solution focused brief therapy mengalami peningkatan pada resiliensi akademik dan self-efficacy secara signifikan. Sedangkan pada kelompok kontrol peningkatan terjadi pada resiliensi akademik tetapi tidak pada self-efficacy. Berdasarkan temuan penelitian ini, disarankan bagi konselor agar menggunakan konseling kelompok pendekatan solution focused brief therapy untuk meningkatkan resiliensi akademik dan self efficacy. Sedangkan bagi penelitian selanjutnya, direkomendasikan untuk melakukan pengukuran sampai follow-up karena penggunaan intervensi ini hanya diukur melalui hasil pretest dan posttest saja serta dapat menggunakan desain penelitian yang melihat efek mediasi antara resiliensi dan self-efficacy.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : resiliensi akademik, self-efficacy, konseling kelompok solution-focused brief therapy |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 02:13 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 02:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40634 |
Actions (login required)
View Item |