KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS GARUDA KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK


Zana Aufa Royyani, 1401416254 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS GARUDA KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS GARUDA KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS GARUDA KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumen hasil belajar siswa kelas IV SD Gugus Garuda Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak didapatkan bahwa hasil belajar muatan IPS kurang maksimal dikarenakan model pembelajaran yang digunakan belum optimal. Guru belum menerapkan model pembelajaran inovatif sehingga partisipasi siswa kurang dan minimnya penggunaan media pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya perlakuan yaitu penerapan model kooperatif Talking Stick berbantuan media audiovisual yang dapat memberikan kesempatan siswa untuk berani berpendapat dengan suasana belajar menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model kooperatif Talking Stick berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar muatan IPS. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental atau eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus Garuda Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas IV A SDN Cangkring B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B SDN Cangkring B sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test, dan uji n-gain. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa thitung yaitu 3,333, sedangkan nilai ttabel yaitu 2,022. Sehingga thitung lebih besar daripada ttabel (3,333 > 2,022) yang berarti model kooperatif Talking Stick berbantuan media audiovisual lebih efektif terhadap hasil belajar muatan IPS. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Nilai n-gain kelas kontrol sebesar 0,298035 yang menunjukkan peningkatan pada taraf rendah sedangkan nilai n-gain kelas eksperimen sebesar 0,524545 yang menunjukkan peningkatan pada taraf sedang. Simpulan penelitian ini adalah model kooperatif Talking Stick berbantuan media audiovisual efektif terhadap hasil belajar IPS dan meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran dengan model kooperatif Talking Stick sebaiknya memperhatikan beberapa hal, yaitu perencanaan pembelajaran, pengontrolan siswa, dan pengelolaan waktu yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: audiovisual, hasil belajar; IPS; keefektifan; Talking Stick
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:02
Last Modified: 27 Oct 2020 03:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40631

Actions (login required)

View Item View Item