KEEFEKTIFAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN IPA SD DI KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG


Septiani ‘Izzatul Musyarokhah, 1401416112 (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN IPA SD DI KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416112.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang dilaksanakan pada kelas V SDN Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang bahwa pada pembelajaran IPA siswa masih kurang optimal, hal tersebut dikarenakan pemanfaatan media pembelajaran yang kurang optimal selama proses pembelajaran IPA. Guru cenderung menggunakan buku tematik atau gambar tanpa membuat siswa ikut berperan. Liquid Crystal Display (LCD) yang dimiliki sekolah juga belum dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga perlu diberikan perlakuan menggunakan media interaktif berupa PowerPoint dimana media tersebut dapat membuat siswa lebih termotivasi saat belajar dan juga membuat siswa lebih aktif dan kreatif.. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. desain penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Radom Sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Candimulyo 1 sebagai kelas eksperimen dan SDN Sonorejo sebagai kelas kontol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis, uji n-gain, dan analisis deskriptif. Hasil uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,202 > 2,014), artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berkomunikasi siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil Uji N-Gain diperoleh kategori sedang untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini adalah media PowerPoint efektif digunakan terhadap kemampuan berkomunikasi siswa. Pembelajaran dengan media PowerPoint harus dipersiapkan dan direncanakan dengan baik supaya siswa lebih termotivasi untuk belajar dan hasil yang diperoleh lebih maksimal. Media PowerPoint juga dapat dijadikan alternatif media pembelajaran bagi guru yang dapat diterapkan dalam beberapa muatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media PowerPoint, keefektifan, media powerpoint, berkomunikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Oct 2020 01:54
Last Modified: 27 Oct 2020 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40629

Actions (login required)

View Item View Item