HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SDN KECAMATAN TERAS KABUPATEN BOYOLALI
Efrilia Nur Rahmawati, 1401416085 (2020) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SDN KECAMATAN TERAS KABUPATEN BOYOLALI. Under Graduates thesis, Unnes.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (7MB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pola asuh orang tua dan disiplin belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan berfikir kritis siswa. Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru kelas III SDN Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali diperoleh informasi bahwa orang tua kurang perhatian dalam membimbing anak belajar sehingga disiplin belajar anak menjadi berkurang. Selain itu anak juga masih kurang dalam mengingat dan menjawab pertanyaan secara kritis. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui koefisien hubungan antara pola asuh orangtua dengan kemampuan berfikir kritis siswa; (2) mengetahui koefisien hubungan antara disiplin belajar dengan kemampuan berfikir kritis siswa; (3) mengetahui koefisien hubungan secara signifikan antara pola asuh orangtua dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan kemampuan berfikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 190 siswa dan sampel berjumlah 128 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket,tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan berfikir kritis siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,775; (2) terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan kemampuan berfikir kritis siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,778; (3) terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dan disiplin belajar siswa secara bersama-sama dengan kemampuan berfikir kritis siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,799. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dan disiplin belajar dengan kemampuan berfikir kritis siswa kelas III SDN Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali. Saran untuk orang tua dan guru supaya bisa memberikan motivasi kepada anak agar lebih meningkatkan disiplinnya, saran untuk siswa agar lebih meningkatkan sikap disiplin yang baik, serta untuk peneliti agar bisa meneliti dengan faktor lain yang bisa mempengaruhi kemampuan berfikir kritis siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berfikir kritis; disiplin belajar; pola asuh orang tua. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > study habits |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 01:52 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 01:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40628 |
Actions (login required)
View Item |