KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION TERHADAP SELF EFFICACY DAN ACADEMIC BURNOUT


Hasan, 0105516078 (2019) KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION TERHADAP SELF EFFICACY DAN ACADEMIC BURNOUT. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION TERHADAP SELF EFFICACY DAN ACADEMIC BURNOUT]
Preview
PDF (KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION TERHADAP SELF EFFICACY DAN ACADEMIC BURNOUT)
Download (926kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Hasan, 2018. “Konseling Kelompok Cognitive Behavior Dengan Teknik Self Instruction Terhadap Self Efficacy Dan Academic Burnout”. Tesis. Program Studi Bimbingan Konseling. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Dwi Yuwono Puji Sugiharto, M.Pd., Kons. Pembimbing II Sunawan, S.Pd., M.Si., Ph.D. Kata Kunci : konseling kelompok, cognitive behavior, self instruction, self efficacy, academic burnout Siswa diharapkan memiliki self efficacy tinggi dan terhindar dari academic burnout. Konseling kelompok cognitive behavior dengan teknik self instruction diprediksi mampu dalam meningkatkan self efficacy dan mengurangi academic burnout siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok cognitive behavior dengan teknik self instruction dalam meningkatkan self efficacy dan mengurangi academic burnout siswa.Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih 16 subjek penelitian dari 210 orang siswa. random asignment dilakukan untuk menempatkan masing masing 8 orang pada kelompok eksperimen dan kontrol agar kedua kelompok memiliki kesetaraan.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis MANOVAdan Paired Sampel t Testdengan bantuan software macro psocess IMB SPSS 24. Hasil uji MANOVA menunjukkan bahwa konseling kelompok cognitive behavior dengan teknik self instruction efektif dalam meningkatkan self efficacy (F3.12 = 185.787; ηp2 = 0.979; p<0.01) dan mengurangi academic burnout siswa (F3.12 = 308.938; ηp2 = 0.987;p<0.01). Selanjutnya, hasil uji Paired Sampel t Test menunjukkan bahwa pada kelompok eksperimen terjadi peningkatanself efficacy (t=-19.943; p<0.01) dan penurunan academic burnout (t=23.213; p<0.01) yang signifikan. Sedangkan pada kelompok kontrol peningkatanself efficacy (t=-0.424; p>0.05) dan penurunanacademic burnout (t=0.552; p>0.05) tidak terjadi secara signifikan. Temuan penelitian ini menegaskan bahwa konseling kelompok cognitive behavior dengan teknik self instruction efektif dalam meningkatkan self efficacy dan academic burnout. Berdasarkan temuan penelitian ini, disarankan bagi guru bimbingan konseling agar menggunakan konseling kelompok cognitive behavior dengan teknik self instruction untuk meningkatkan self efficacy dan mengurangi academic burnout siswa. Sedangkan bagi penelitian selanjutnya, agar memilih subjek penelitian yang memiliki keragaman gender dan menggunakan desain pengukuran berulang pasca perlakuan (follow up) untuk menyelidiki efek gender dan waktu dari konseling kelompok cognitive behavior dengan teknik self instruction terhadap self efficacy dan academic burnout.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : konseling kelompok, cognitive behavior, self instruction, self efficacy, academic burnout
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 26 Oct 2020 14:54
Last Modified: 26 Oct 2020 14:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40623

Actions (login required)

View Item View Item