PEMAAFAN DAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF NARAPIDANA PENGHUNI LAPAS PEREMPUAN IIA SEMARANG SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP BIMBINGAN KONSELING


Emma Try Daryanti, 0105516018 (2019) PEMAAFAN DAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF NARAPIDANA PENGHUNI LAPAS PEREMPUAN IIA SEMARANG SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP BIMBINGAN KONSELING. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMAAFAN DAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF NARAPIDANA PENGHUNI LAPAS PEREMPUAN IIA SEMARANG SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP BIMBINGAN KONSELING]
Preview
PDF (PEMAAFAN DAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF NARAPIDANA PENGHUNI LAPAS PEREMPUAN IIA SEMARANG SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP BIMBINGAN KONSELING)
Download (822kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Daryanti, Emma Try. 2019. “Pemaafan dan Kesejahteraan Subjektif Narapidana Penghuni Lapas Perempuan IIA Semarang Serta Implikasinya Terhadap Bimbingan Konseling”. Tesis. Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Dwi Yuwono Puji sugiharto, M.Pd., Kons Pembimbing II Mulawarman, M.Pd., Ph.D., Kata Kunci: pemaafan, kesejahteraan subjektif, narapidana perempuan Narapidana perempuan yang merasa tidak bermakna (meaningless) berdampak kepada kesejahteraan psikologis dan subjektifnya. Dibutuhkan suatu pemaafan agar nantinya narapidana dapat merasakan kebahagiaan baik jasmani maupun rohani dan bisa melanjutkan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaafan dan kesejahteraan subjektif narapidana perempuan serta implikasinya terhadap bimbingan konseling. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif model pendekatan fenomenologi dengan sumber data penelitian 4 narapidana perempuan yang sesuai dengan karakteristik penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan focus group discussion (FGD). Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode untuk menguji derajat kepercayaan (credibility). Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yang terdiri atas empat tahapan yang harus dilakukan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian menunjukkan pemaafan dan kesejahteraan subjektif narapidana perempuan dibentuk adanya saling keterkaitan antar tema yang muncul. Pemaafan dan kesejahteraan subjektif narapidana perempuan dibangun dari kondisi lingkungan sekitar yang dialami oleh narapidana yang memunculkan berbagai respon psikologis dan respon spiritual. Berbagai respon psikologis dan respon spiritual tersebut membentuk adanya persepsi terhadap penerimaan dari keluarga, komitmen diri, penerimaan diri dan tujuan hidup. Penelitian ini menunjukkan persepsi diri sangat penting dalam pemaafan dan kesejahteraan subjektif narapidana perempuan. Dari hasil penelitian dapat disarankan bagi konselor untuk memberikan layanan di lapas berupa layanan konseling baik kelompok maupun individu, dengan menggunakan pendekatan kognitif. Dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian serupa dengan subjek penelitian laki-laki.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pemaafan, kesejahteraan subjektif, narapidana perempuan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 26 Oct 2020 14:44
Last Modified: 26 Oct 2020 14:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40620

Actions (login required)

View Item View Item