HUBUNGAN TOLERANSI AMBIGUITAS KEPUTUSAN KARIR DAN CAREER SELF-EFFICACY DENGAN KESULITAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA SMA


Dio Alexsander, 0106517022 (2019) HUBUNGAN TOLERANSI AMBIGUITAS KEPUTUSAN KARIR DAN CAREER SELF-EFFICACY DENGAN KESULITAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN TOLERANSI AMBIGUITAS KEPUTUSAN KARIR DAN CAREER SELF-EFFICACY DENGAN KESULITAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA SMA]
Preview
PDF (HUBUNGAN TOLERANSI AMBIGUITAS KEPUTUSAN KARIR DAN CAREER SELF-EFFICACY DENGAN KESULITAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA SMA)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Alexsander, Dio. 2019. “Hubungan Toleransi Ambiguitas Keputusan Karir Dan Career Self-Efficacy Dengan Kesulitan Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMA Negeri Di Kota Semarang”. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Edy Purwanto, M.Si. Pembimbing II Dr. Awalya, M.Pd., Kons. Kata Kunci: career self-efficacy, toleransi ambiguitas keputusan karir, kesulitan pengambilan keputusan karir. Pada masa remaja pengambilan keputusan adalah sesuatu hal yang sangat penting yang harus dibuat oleh individu, salah satu tugas utama dari siswa SMA di mana usia mereka menginjak masa-masa remaja yaitu untuk merencanakan dan membuat keputusan karir mengenai pilihan karir pasca sekolah menengah. Akan tetapi masih banyak siswa yang kesulitan didalam pengambilan keputusan karir. toleransi ambiguitas keputusan karir dan career self-efficacy memiliki peranan penting untuk menurunkan sesulitan pengambilan keputusan karir pada siswa. Maka, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan toleransi ambiguitas dengan kesulitan pengambilan keputusan karir melalui career self-efficacy sebagai variabel mediator. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMAN se-kota semarang. Dan sampel yang terlibat didalam penelitian ini berjumlah 329 responden yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi yang diadaptasi. Diantaranya, Career decision ambiguity tolerance scale, career decision self-efficacy short form, career decision difficulty quisioner.teknik analisis menggunakan bootstrapping bias-corrected. Hasil penelitian menunjukkan bahwa toleransi ambiguitas keputusan karir memiliki hubungan yang signifikan dengan career self-efficacy dengan nilai (β= 0,57: p<0,05). Toleransi ambiguitas keputusan karir memiliki hubungan yang signifikan dengan kesulitan pengambilan keputusan karir dengan nilai (β= -0,91; p<0,05). Career self-efficacy memiliki hubungan yang signifikan dengan kesulitan keputusan pengambilan keputusan kaarir (β= -0,93; p< 0,05). Dan hubungan toleransi ambguitas dengan keputusan karir dengan kesulitan pengambilan keputusan karir melalui career self-efficacy memiiki hubungan yang signifikan dengan nilai (β= -0,53; p< 0,05). Dari hasil yang didapatkan didalam penelitian ini, dapat disimpulkan yaitu masing-masing variabel yang diuji memiliki hubungan yang signifikan. Dan hasil lainnya didapatkan bahwa career self-efficacy terbukti memediasi hubungan tidak langsung antara toleransi ambiguitas keputusan karir dengan kesulitan pengambilan keputusan karir. yang artinya semakin tinggi skor toleransi ambiguitas keputusan karir pada siswa melalui career sel-efficacy maka akan semakin rendah kesulitan keputusan karir yang didapatkan siswa. Untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan model penelitian atau variabel lain yang belum dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: career self-efficacy, toleransi ambiguitas keputusan karir, kesulitan pengambilan keputusan karir.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 26 Oct 2020 14:29
Last Modified: 26 Oct 2020 14:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40616

Actions (login required)

View Item View Item