Group Counseling Stress Inoculation Training Technique To Increase Academic Distress Tolerance Through Hardiness in Students


Desti Ekawati, 0105516010 (2019) Group Counseling Stress Inoculation Training Technique To Increase Academic Distress Tolerance Through Hardiness in Students. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Group Counseling Stress Inoculation Training Technique To Increase Academic Distress Tolerance Through Hardiness in Students]
Preview
PDF (Group Counseling Stress Inoculation Training Technique To Increase Academic Distress Tolerance Through Hardiness in Students)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ekawati, Desti. 2019. “Keefektifan Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy dengan Teknik Stress Inoculation Training Untuk Meningkatkan Toleransi Distress Akademik Melalui Hardiness Siswa SMA Negeri 12 Semarang”. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana. Univerditas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Dwi Yuwono Puji Sugiharto, M.Pd., Kons., Pembimbing II Mulawarman, Ph.D Kata kunci: Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy, Stres Inoculation Training, Toleransi Distres Akademik, Hardiness Stres merupakan salah satu kondisi yang dapat dialami oleh siapa saja, tidak menutup kemungkinan siswa. Stres yang dialami oleh peserta didik selama masa pendidikan sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran yang sedang dijalaninya. Distres merupakan respon terhadap stres yang tidak sehat, negatif dan destruktif pada sebagian siswa. Kondisi seperti ini, menutut siswa untuk mampu mentoleransi pengalaman emosional dan pertentangan fisik yang dialaminya sehingga berdampak baik pada performa, termasuk dibidang akademik, Hardiness merupakan kepribadian yang berfungsi untuk memberika dorongan bagi siswa untuk mentoleransi distres. Dengan kepribadian yang hardy siswa akan menggunakan transformational coping dalam mentoleransi distress. Konseling kelompok cognitive behavioral theraphy (CBT) dengan teknik stress inoculation training, akan membantu merekonstruksi kognitif menjadi lebih positif untuk meningkatkan hardiness dan mengembangkan perilaku mal adaptif untuk mentoleransi distress. Tujuan penelitian ini untuk menguji efektivitas konseling kelompok dengan teknik stress inoculation training untuk meningkatkan toleransi distres akademik melalui hardiness. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, desain pretest-posttest control group dengan melibatkan 14 orang yang dipilih secara purposive dari 70 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah bootstrapping. Hasil menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik stress inoculation training terbukti efektif meningkatkan toleransi distress akademik (β=15,28 p<0.05) dan hardiness (β=29,46, p<0.05). Hasil penelitian menunjukkan bahawa terdapat hubungan yang signifikan anatara hardiness dengan toleransi distres akademik siswa. Konseling kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik stress inoculation training efektif dalam memberikan dampak tidak langsung untuk meningkatkan toleransi distres akademik siswa melalui hardiness. Selain itu juga terdapat hubungan yang siginifikan antara hardiness dengan toleransi distress. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang diberikan bagi praktisi (konselor) untuk dapat melaksanakan kegiatan konseling kelompok dengan menggunakan teknik stress inoculation training dalam pengentasaan masalah yang berhubungan dengan kognitif. Selain itu, hasil penelitian ini diharapakan untuk dapat dikembangkan kembali dengan temuan-temuan yang lebih baru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy, Stres Inoculation Training, Toleransi Distres Akademik, Hardiness
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 26 Oct 2020 14:20
Last Modified: 26 Oct 2020 14:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40615

Actions (login required)

View Item View Item