PENGEMBANGAN MODEL KONSELING KELOMPOK TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR


Aulia Ika Sadewi, 0105514041 (2019) PENGEMBANGAN MODEL KONSELING KELOMPOK TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL KONSELING KELOMPOK TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL KONSELING KELOMPOK TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR)
Download (972kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Sadewi, Aulia Ika. 2018. “Pengembangan Model Konseling Kelompok dengan Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa”. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd.,Kons., Pembimbing II Prof. Dr. Sugiyo, M.Si. Kata kunci: efikasi diri, keputusan karir, konseling kelompok, teknik modeling simbolik Efikasi diri menekankan pada keyakinan diri dalam melakukan tugas-tugasnya termasuk dalam pengambilan keputusan karir. Untuk dapat memutuskan karirnya secara tepat, siswa membutuhkan keyakinan terhadap pilihan sesuai dengan kemampuannya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pelaksanaan konseling kelompok di SMA Negeri se-Kabupaten Pati; (2) menghasilkan model konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik untuk meningkatkan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir siswa; (3) menganalisis tingkat efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir pada siswa SMA Negeri se-Kabupaten Pati; (4) mengetahui tingkat keefektifan model konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik untuk meningkatkan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir siswa. Penelitian ini menggunakan metode dan desain Research and Development dengan langkah: persiapan pengembangan model, merancang model hipotetik, uji kelayakan model hipotetik, perbaikan model hipotetik, uji empirik, hasil akhir produk dan uji efektivitas model akhir. Subjek uji coba model sebanyak 8 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non-parametrik yaitu uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) konseling kelompok sudah dilaksanakan namun efektivitas layanan belum tercapai secara optimal; 2) tingkat efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir siswa dalam kategori rendah dengan presentase 34.03% dari 288 siswa; 3) dihasilkannya model konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik untuk meningkatkan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir siswa; 4) model konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik efektif untuk meningkatkan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir siswa (Z = -2.521, p < 0.05). Bagi guru BK sangatlah penting memahami konsep dasar pelayanan konseling kelompok dan modeling simbolik. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya direkomendasikan untuk mengeksplorasi tentang konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik terhadap aspek perkembangan lain yang ada pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: efikasi diri, keputusan karir, konseling kelompok, teknik modeling simbolik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 26 Oct 2020 13:59
Last Modified: 26 Oct 2020 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40612

Actions (login required)

View Item View Item