KONSELING KELOMPOK REALITA DENGAN TEKNIK CONFRONTATION UNTUK MENINGKATKAN SELF-CONTROL DAN SELF-PERCEPTION PADA SISWA PROBLEMATIC INTERNET USE


Aris Munandar, 0105516025 (2019) KONSELING KELOMPOK REALITA DENGAN TEKNIK CONFRONTATION UNTUK MENINGKATKAN SELF-CONTROL DAN SELF-PERCEPTION PADA SISWA PROBLEMATIC INTERNET USE. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KONSELING KELOMPOK REALITA DENGAN TEKNIK CONFRONTATION UNTUK MENINGKATKAN SELF-CONTROL DAN SELF-PERCEPTION PADA SISWA PROBLEMATIC INTERNET USE]
Preview
PDF (KONSELING KELOMPOK REALITA DENGAN TEKNIK CONFRONTATION UNTUK MENINGKATKAN SELF-CONTROL DAN SELF-PERCEPTION PADA SISWA PROBLEMATIC INTERNET USE)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Munandar, Aris. 2019. “Penerapan Konseling Kelompok Realita dengan Teknik Confrontation untuk Meningkatkan Self-Control dan Self-Perception Pada Siswa probematic internet use di SMA Negeri 1 Ungaran”. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd., Kons. Pembimbing II Mulawarman,S.Pd., M.Pd., Ph.D. Kata Kunci: koseling kelompok realita, teknik confrontation, self-control, self-perception, problematic internet use. Kontrol diri dan persepsi diri yang rendah dapat diakibatkan oleh penggunaan internet yang tidak terkontrol. kontrol diri dan persepsi diri yang rendah dalam penggunaan internet akan berdampak pada perilaku yang tidak bertanggung jawab yang menyebabkan siswa mengalami problematic internet use. Untuk itu intervensi konseling kelompok realita dipilih untuk meningkatkan kontrol diri dan persepsi diri yang rendah dan berdampak pada tumbuhnya sikap bertanggungjawab dalam penggunaan internet. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen desain randomized prestest-posttest control group desain, dan model pengukuran berulang (repeated measure). Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas konseling kelompok realita teknik confrontation terhadap siswa dengan kontrol diri dan persepsi diri yang rendah dengan kecenderungan problematic internet use. penelitian ini melibatkan 28 siswa . Teknik analisis data yang digunakan adalah manova. Hasil statistik menunjukan bahwa konseling kelompok realita teknik confrontation terbukti dapat meningkatkan kontrol diri dan persepsi diri yang rendah. Temuan ini membuktikan bahwa konseling kelompok realita teknik confrontation efektif untuk meningkatkan kontrol diri dan persepsi diri. Penelitian selanjutnya diharapkan mampu menerapkan pada setting konseling individual. Sehiingga peningkatan tidak bersifat generalisasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: koseling kelompok realita, teknik confrontation, self-control, self-perception, problematic internet use.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 26 Oct 2020 13:47
Last Modified: 26 Oct 2020 13:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40610

Actions (login required)

View Item View Item