KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEBAHAGIAAN SISWA SMK IBU KARTINI SEMARANG


Anugrah Intan Cahyani, 0105516002 (2019) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEBAHAGIAAN SISWA SMK IBU KARTINI SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEBAHAGIAAN SISWA SMK IBU KARTINI SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEBAHAGIAAN SISWA SMK IBU KARTINI SEMARANG)
Download (606kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Cahyani, A. I. 2019. “Keefektifan Konseling Kelompok Realita untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Kebahagiaan Siswa SMK Ibu Kartini Semarang”. Tesis. Program Studi Bimbingan Konseling. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M. Pd., Kons. Pembimbing II Sunawan, S.Pd., M.Si., Ph. D. Kata Kunci: Konseling Kelompok Realita, Kecerdasan Emosional, Kebahagiaan. Penelitian ini dirancang untuk menguji dan menganalisis keefektifan konseling kelompok realita dalam meningkatkan kecerdasan emosi dan kebahagiaan siswa. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group (pra-pasca perlakuan). Teknik purposive random assignment digunakan untuk memilih 14 subyek penelitian dari 187 orang siswa. 14 orang subyek terpilih dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 7 orang pada kelompok eksperimen dan 7 orang pada kelompok kontrol yang dilakukan secara acak atau menggunakan random assignment. Analisis data yang digunakan adalah analisis MANOVA dan Paired Sample t Test dengan menggunakan bantuan software macro process IMB SPSS 23. Hasil uji MANOVA menunjukkan bahwa konseling kelompok realita efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosi (F(3,10)= 106.453; ηp2 = 0.939; p <0.01) dan kebahagiaan (F(3,10)= 261.248; ηp2 = 0.969; p <0.01). Selanjutnya, hasil uji Paired Sampel t Test menunjukkan bahwa pada kelompok eksperimen terjadi peningkatan kecerdasan emosi (t=(t(3,10)= 16.051; p <0.01) dan kebahagiaan (t(3,10)= 29.289, p <0.01). Sedangkan pada kelompok kontrol menunjukan tidak terjadi peningkatan yang signifikan pada tingkat kecerdasan emosi (t(3,10)= 2.750, p > 0.05) dan kebahagiaan dengan (t(3,10)= 2.066, p > 0.05). Temuan penelitian ini menegaskan bahwa konseling kelompok realita efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosi dan kebahagiaan. Berdasarkan temuan penelitian ini, disarankan bagi guru bimbingan dan konseling agar menggunakan konseling kelompok realita untuk membantu siswa dalam meningkatkan kecerdasan emosi dan kebahagiaan. Disisi lain, disarankan bagi penelitian selanjutnya agar menggunakan desain pengukuran berulang pasca perlakuan (follow up) untuk dapat melihat efek waktu dari penerapan konseling kelompok realita terhadap kecerdasan emosi dan kebahagiaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Konseling Kelompok Realita, Kecerdasan Emosional, Kebahagiaan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 26 Oct 2020 13:43
Last Modified: 26 Oct 2020 13:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40609

Actions (login required)

View Item View Item