EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK MODELING DAN ENACTIVE MASTERY EXPERIENCE UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR


Anastia Sabila Billiny, 0105516024 (2019) EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK MODELING DAN ENACTIVE MASTERY EXPERIENCE UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK MODELING DAN ENACTIVE MASTERY EXPERIENCE UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DALAM  PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR]
Preview
PDF (EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK MODELING DAN ENACTIVE MASTERY EXPERIENCE UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR)
Download (859kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Billiny, A.S. 2019. “Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Modeling dan Enactive Mastery Experience untuk meningkatkan Self-Efficacy dalam Pengambilan Keputusan Karir” Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana. Universitas Negri Semarang. Pembimbing I Dr. Edy Purwanto, M.Si, Pembimbing II Prof. Dr. Sugiyo, M.Si. Kata Kunci: enactive mastery experience, konseling kelompok, modeling, self-efficacy keputusan karir. Keputusan karir dapat menjadi tahap yang sulit bagi siswa. Siswa masih belum mengetahui menentukan arah setelah lulus SMA, tidak mendapatkan sumber informasi yang jelas tentang karir dan tidak tahu apa yang harus mereka lakukan untuk mengatasi rintangan dalam mendapatkan pekerjaan dengan sukses. Salah satu anggapan yang membimbing penelitian ini adalah bahwa pengambilan keputusan karir yang efektif tidak hanya melibatkan pengembangan keterampilan tetapi juga self-efficacy pada kemampuan pengambilan keputusan karir seseorang. tujuan penelitian ini untuk menguji dan mnganalisis penerapan konseling kelompok teknik modeling dan enactive mastery experience untuk meningkatkan self-efficacy dalam pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XI siswa SMA Negeri 1 Bawang Batang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen desain randomized pretes-postest comparison group design yang terdiri dar 24 siswa SMA Negeri 1 Bawang Batang yang dibagi menjadi tiga kelompok dipilih secara random assaigment. Metode analisis yang digunakan adalah one way ANOVA. Hasil menunjukkan bahwa teknik konseling enactive mastery experience sangat signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan teknik konseling Modeling, sedangkan gabungan keduanya lebih sangat signifikan dibandingkan dengan masing-masing teknik konseling Modeling dan konseling enactive mastery experience. Secara umum dapat disimpulkan terdapat perbedaan tingkat keefektifan dari ketiga kelompok dalam meningkatkan self-efficacy pengambilan keputusan karir. Penggabungan kedua sumber yaitu modeling dan enactive mastery experience lebif efektif dibandingkan dengan kelompok yang dengan menggunakan satu sumber, modeling dan enactive mastery experience. Temuan ini memberikan implikasi dan saran perlu memberikan pertimbangan tentang kemungkinan penggunaan modeling dan enactive mastery experience dalam memberikan intervensi guna meningkatka self-efficacy pengambilan keputusan karir.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: enactive mastery experience, konseling kelompok, modeling, self-efficacy keputusan karir.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 26 Oct 2020 13:37
Last Modified: 26 Oct 2020 13:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40608

Actions (login required)

View Item View Item