KEEFEKTIFAN KELOMPOK PSIKOEDUKASI TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN ADAPTABILITAS KARIR MELALUI SELF-EFFICACY PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA SMP NEGERI 31 PURWOREJO


Aji Taufiq Pambudi, 0105516026 (2018) KEEFEKTIFAN KELOMPOK PSIKOEDUKASI TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN ADAPTABILITAS KARIR MELALUI SELF-EFFICACY PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA SMP NEGERI 31 PURWOREJO. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN KELOMPOK PSIKOEDUKASI TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN ADAPTABILITAS KARIR MELALUI SELF-EFFICACY PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA SMP NEGERI 31 PURWOREJO]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN KELOMPOK PSIKOEDUKASI TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN ADAPTABILITAS KARIR MELALUI SELF-EFFICACY PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA SMP NEGERI 31 PURWOREJO)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Pambudi, Aji Taufiq. 2018. “Keefektifan Kelompok Psikoedukasi Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Adaptabilitas Karir Melalui Self-Efficacy Keputusan Karir Siswa SMP Negeri 31 Purworejo. Tesis. Program Studi Bimbingan Konseling1 Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Mulawarman, S.Pd., M.Pd., Ph.D., Pembimbing II Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons. Kata Kunci : Adaptabilitas karir, Self-Efficay Keputusan Karir, Kelompok Psikoedukasi, Modeling Masa remaja awal merupakan masa paling menentukan terjadinya perkembangan karir. Pada masa ini juga mengenali dan mengembangkan seluruh potensi dalam dirinya sehingga menentukan apakah ia akan memiliki pemahaman karir yang positif ataukah negatif. Self-efficacy keputusan karir dan adaptabilitas karir sangat penting, terlebih bagi remaja yang mengalami rendahnya pemahaman karir (career indifference) merefleksikan perilaku tanpa perencanaan, pesimis, dan sikap apatis terhadap karier, kegagalan dalam meraih tujuan karir, sikap tidak realistis (unrealism) terhadap dunia pekerjaan dan memiliki citra diri yang tidak tepat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dampak kelompok psikoedukasi teknik modeling untuk meningkatkan adabtabilitas karir melalui self-efficacy keputusan karir. Metode penelitian eksperimen, desain quasi experiments, rancangan pretest-postest control group melibatkan siswa sebanyak n218 orang yang dipilih secara purposive sampling dari 94 siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Purworejo. Instrumen penelitian diadopsi dari skala (CDSE-SF) dan (CAAS). Analisis data menggunakan manova, menunjukan teknik modeling efektif meningkatkan self-efficacy keputusan karir dan adaptabilitas karir (f=311.70; p<0.05), dan hasil dari bias corrected bootstrapping SPSS 25 dengan resampling (N=5000) estimasi true indirect effect dengan level 95% confidence interval penggaruh tidak langsung self-efficacy keputusan karir terhadap adaptabilitas karir menunjukan hasil efek mediasi (7.60; p<0.05) [CI=95% 1.90-13.86]. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelompok psikoedukasi teknik modeling efektif untuk meningkatkan self-efficacy keputusan karir dan adaptabilitas karir, serta terdapat pengaruh mediasi dari self-efficacy keputusan karir terhadap adaptabilitas karir. Implikasi teknik modeling, siswa memperoleh suatu gambaran terhadap keyakinan arah karir, kemampuan dirinya, memiliki wawasan terhadap potensi diri, serta dapat merencanakan sekolah lanjutan yang didukung dengan kesiapan belajar ketika disekolah maupun di rumah. Berdasarkan hasil penelitian yang dicapai penelitian mampu menjadi bukti, bahwa dengan memperkuat self-efficaccy keputusan karir maka akan tubuh rasa keseuaian harapan yang telah dirasakan dan muali terbentuk kondisi adabtabilitas karir, sehingga pada akhirnya dapat meyesuaikan dengan tugas perkembanganya ketika di sekolah maupun dirumah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Adaptabilitas karir, Self-Efficay Keputusan Karir, Kelompok Psikoedukasi, Modeling
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Student Behavior
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 26 Oct 2020 06:30
Last Modified: 26 Oct 2020 06:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40607

Actions (login required)

View Item View Item