KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) DAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEDIA BAGAN ALIR BERSTIMULASI FILM PENDEK PADA SISWA KELAS X SMA


Vivin Kartika Sari, 2101416026 (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) DAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEDIA BAGAN ALIR BERSTIMULASI FILM PENDEK PADA SISWA KELAS X SMA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) DAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEDIA BAGAN ALIR BERSTIMULASI FILM PENDEK PADA SISWA KELAS X SMA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) DAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEDIA BAGAN ALIR BERSTIMULASI FILM PENDEK PADA SISWA KELAS X SMA) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran menulis teks eksposisi di kelas X SMA pelaksanaannya belum optimal dan kurang efektif. Kurangnya kemampuan menulis teks eksposisi, disebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menentukan isi, menuangkan ide menjadi bentuk tulisan karena tidak diberikannya stimulus awal untuk siswa dalam menentukan topik, siswa juga belum memahami langkah menulis teks eksposisi yang baik sehingga sering terjadi kesalahan berupa ejaan dan tanda baca ketika menyusun teks eksposisi. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka harus dilakukan perubahan untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran guna meningkatkan keaktifan proses belajar siswa. Guru dapat melakukan variasi dalam proses pembelajaran menulis teks eksposisi di dalam kelas, salah satu alternatifnya dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat mengubah perilaku siswa agar lebih aktif, kreatif, dan kritis. Melalui bantuan media pembelajaran yang menarik akan lebih meningkatkan pemahaman siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis teks eksposisi dengan antusias dan proaktif. Penerapan model Means-Ends Analysis dan model Group Investigation dipandang sesuai jika diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Sebab, kedua model tersebut sesuai untuk karakteristik pembelajaran yang terdapat di dalam teks eksposisi. Sedangkan media bagan alir berstimulasi film pendek, digunakan sebagai stimulus siswa dalam proses penentuan topik dan kerangka karangan teks eksposisi. Berdasarkan paparan tersebut, tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) menjelaskan keefektifan pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi menggunakan model Means-Ends Analysis (MEA) dengan media bagan alir berstimulasi film pendek di kelas X SMA; (2) menjelaskan keefektifan pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi menggunakan model Group Investigation (GI) dengan media bagan alir berstimulasi film pendek di kelas X SMA; (3) menentukan model pembelajaran manakah yang lebih efektif antara model Means-Ends Analysis (MEA) dengan media bagan alir berstimulasi film pendek dan model Group Investigation (GI) dengan media bagan alir berstimulasi film pendek dalam pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi di kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi experimen). Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent Control Group Design yang dilakukan dengan Non Probability Sampling yaitu menggunakan teknik Puposive Sampling, Purposive Sampling adalah sampling non random yang menentukan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Variabel penelitian ini terdiri atas dua variabel bebas, yaitu variabel bebas (x1) model Means-Ends Analysis (MEA) dengan media bagan alir berstimulasi film pendek, dan variabel bebas (x2) model Group Investigation (GI) dengan media bagan alir berstimulasi film pendek. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat diketahui bahwa model Means-Ends Analysis (MEA) telah memenuhi kriteria keefektifan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan media bagan alir berstimulasi film pendek dengan nilai sig (2-tailed) < 0,05. Selanjutnya, model Group Investigation (GI) juga memenuhi kriteria keefektifan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan media bagan alir berstimulasi film pendek dengan nilai sig (2-tailed) < 0,05. Hasil penghitungan yang diperoleh dari analisis uji t pada data akhir kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2, menunjukan bahwa nilai sig (2-tailed) < 0,05. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji perbedaan dua rata-rata terdapat perbedaan hasil pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan media bagan alir berstimulasi film pendek setelah diberi perlakuan model MEA dan model GI. Serta, menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan model Means-Ends Analysis lebih efektif daripada model Group Investigation dengan media bagan alir bertimulasi film pendek. Berdasarkan simpulan tersebut, disarankan guru lebih memperhatikan ketercapaian pembelajaran menulis teks eksposisi agar pelaksanaannya lebih optimal dengan pemilihan model dan media pembelajaran yang tepat dan efektif dalam proses pembelajaran menulis teks eksposisi. Model Means-Ends Analysis dapat menjadi alternatif pemilihan model pembelajaran menulis teks eksposisi karena telah teruji keefektifannya. Selain itu, peneliti lain hendaknya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi atau bahan kajian pada penelitian yang relevan, khususnya untuk pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, teks eksposisi, model MEA, model GI, media bagan alir.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Oct 2020 05:46
Last Modified: 03 Nov 2020 01:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40603

Actions (login required)

View Item View Item