PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERMUATAN KEGIATAN PENCINTA ALAM


Mila Santika, 2101416009 (2020) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERMUATAN KEGIATAN PENCINTA ALAM. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERMUATAN KEGIATAN PENCINTA ALAM]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERMUATAN KEGIATAN PENCINTA ALAM) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran menulis teks prosedur bagi peserta didik SMA Sederajat kurang berjalan dengan baik. Pembelajaran belum dikaitkan dengan lingkungan kegiatan peserta didik di sekolah salah satunya adalah ekstrakulikuler, dan terbatasnya contoh-contoh teks prosedur yang bervariatif dan menarik pada buku yang digunakan di sekolah maupun yang beredar di pasaran. Berdasarkan Kurikulum 2013 revisi, guru masih terpaku dengan bahan ajar yang diterbitkan oleh pemerintah. Buku penunjang yang sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa masih sangat kurang. Buku pengayaan menulis teks prosedur bermuatan kegiatan pencinta alam dipilih sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan menulis teks prosedur bermuatan kegiatan pencinta alam berdasarkan kebutuhan peserta didik dan guru. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RnD) yang dilakukan dalam lima tahap. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian ini meliputi (1) guru dan peserta didik membutuhkan buku pengayaan menulis teks prosedur dikarenakan ketersediaan dan kondisi buku yang masih terbatas, (2) prototipe buku pengayaan menulis teks prosedur bermuatan kegiatan pencinta alam mengacu pada kebutuhan guru dan peserta didik, (3) Penilaian dan saran pada produk buku pengayaan menulis teks prosedur bermuatan kegiatan pencinta alam dilakukan oleh dua validator dosen ahli. Nilai rata-rata yang diperoleh pada aspek materi/isi yaitu 71,8. Nilai rata-rata yang diperoleh pada aspek penyajian materi yaitu 79,2. Nilai rata-rata yang diperoleh pada aspek bahasa dan keterbacaan 65,6. Nilai rata-rata yang diperoleh pada aspek grafika yaitu 70,8. Nilai rata-rata yang diperoleh pada aspek muatan kegiatan pencinta alam yaitu 83,3. Sehingga rata-rata penilaian buku pengayaan yang diperoleh adalah 74,14 dengan kategori baik. Saran perbaikan untuk produk buku pengayaan dari validator dosen ahli secara keseluruhan pada aspek kesesuaian judul dengan materi, penggunaan bahasa yang digunakan serta aspek kegrafikaan yang perlu dibuat lebih menarik dan (4) perbaikan prototipe buku pengayaan terdiri aspek kegrafikaan, bahasa dan keterbacaan, dan materi atau isi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, menulis teks prosedur, kegiatan pencinta alam
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Oct 2020 05:36
Last Modified: 26 Oct 2020 05:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40601

Actions (login required)

View Item View Item