PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 2 SEMARANG


Bahari Adji Isyaint Kusuma, 2101414018 (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 2 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 2 SEMARANG) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan atau kemampuan berbahasa yang memiliki tingkat kesulitan paling tinggi dibandingkan dengan kemampuan berbahasa lainnya yaitu kemampuan mendengarkan, berbicara dan membaca. Keberhasilan menulis dapat dilihat dari penggunaan model dan media yang sesuai dalam pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran project based learning berbantuan media video animasi dapat meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsi proses pembelajaran menulis teks prosedur menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dengan berbantuan video animasi pada siswa kelas VII F SMPN 2 Semarang, mendeskripsi perubahan sikap siswa dalam menulis teks prosedur setelah menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dengan berbantuan video animasi pada siswa kelas VII F SMPN 2 Semarang, dan mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis teks prosedur menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dengan berbantuan video animasi pada siswa kelas VII F SMPN 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII F SMP 2 Semarang. Adapun sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP 2 Semarang. Jumlah siswa dalam satu kelas yang dipilih sebagai responden sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Teknik analisis data dilakukan dengan dua cara, yaitu teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualititatif. Hasil Proses pembelajaran menulis prosedur dengan model project bassed learning berbantuan media video animasi secara keseluruhan berlangsung dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil observasi yang menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil perubahan Sikap Religius dan Sosia

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Project Based Learning, Teks Prosedur, Video Animasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Oct 2020 05:25
Last Modified: 26 Oct 2020 05:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40598

Actions (login required)

View Item View Item