KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL BERBASIS PROYEK DAN MODEL BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA SKEMA IKLAN BARIS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BERDASARKAN PEMINATAN JURUSAN


Suningcih, 0202510029 (2018) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL BERBASIS PROYEK DAN MODEL BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA SKEMA IKLAN BARIS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BERDASARKAN PEMINATAN JURUSAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL BERBASIS PROYEK DAN MODEL BERBASIS  MASALAH  BERBANTUAN                  MEDIA SKEMA IKLAN BARIS PADA PESERTA DIDIK             KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BERDASARKAN P]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL BERBASIS PROYEK DAN MODEL BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA SKEMA IKLAN BARIS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BERDASARKAN P)
Download (2MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Suningcih. 2018. Keefektifan Model Berbasis Proyek dan Model Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Memproduksi Teks Eksposisi Berbantuan Media Skema Iklan Baris pada Peserta Didik Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Berdasarkan Peminatan Jurusan. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Prof. Dr. Ida Zulaeha, M.Hum., II: Dr. Hari Bakti Mardikantoro, M.Hum. Kata Kunci : model berbasis proyek, model berbasis masalah, media pembelajaran, peminatan jurusan, teks eksposisi Dalam Kurikulum 2013, peningkatan kompetensi pada dimensi affective & social skills dan thinking skills menjadi tujuan utama yang dicapai melalui pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik dan model-model yang membiasakan peserta didik berpikir kritis, terampil, dan berpusat pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis keefektifan pembelajaran memproduksi teks eksposisi menggunakan model berbasis proyek berbantuan media skema iklan baris berdasarkan peminatan jurusan peserta didik kelas X SMK, (2) menganalisis keefektifan pembelajaran memproduksi teks eksposisi menggunakan model berbasis masalah berbantuan media skema iklan baris berdasarkan peminatan jurusan peserta didik kelas X SMK, (3) menganalisis perbedaan keefektifan pembelajaran memproduksi teks eksposisi menggunakan model berbasis proyek dan berbasis masalah berbantuan media skema iklan baris berdasarkan peminatan jurusan peserta didik kelas X SMK. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-postes control group. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, dan statistik inferensial dengan uji beda rata-rata dan Anava. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran memproduksi teks eksposisi menggunakan model berbasis proyek berbantuan media skema iklan baris lebih efektif daripada model berbasis masalah berbantuan media skema iklan baris yang dibuktikan dengan ada perbedaan yang signifikan dari penggunaan kedua model dengan nilai rata-rata lebih tinggi pada model berbasis proyek dan tidak ada interaksi antara model dan peminatan jurusan yang mempengaruhi kemampuan memproduksi teks eksposisi. Simpulan penelitian ini adalah: pembelajaran memproduksi teks eksposisi menggunakan model berbasis proyek berbantuan media skema iklan baris adalah efektif dengan adanya perbedaan hasil tes dimana hasil pos tes lebih tinggi daripada hasil pra tes, pembelajaran memproduksi teks eksposisi menggunakan model berbasis masalah berbantuan media skema iklan baris adalah efektif dengan adanya perbedaan hasil tes dimana hasil pos tes lebih tinggi daripada hasil pra tes, pembelajaran memproduksi teks eksposisi menggunakan model berbasis proyek berbantuan media skema iklan baris lebih efektif daripada model berbasis masalah berbantuan media skema iklan baris.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : model berbasis proyek, model berbasis masalah, media pembelajaran, peminatan jurusan, teks eksposisi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 26 Oct 2020 04:57
Last Modified: 26 Oct 2020 04:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40597

Actions (login required)

View Item View Item