KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DAN MODEL KREATIF-PRODUKTIF BERDASARKAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK SMA KELAS XI
Lukman Hakim, 0202516031 (2019) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DAN MODEL KREATIF-PRODUKTIF BERDASARKAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK SMA KELAS XI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DAN MODEL KREATIF-PRODUKTIF BERDASARKAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK SMA KELAS XI)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Hakim, Lukman. 2015. “Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks eksplanasi dengan Model Investigasi Kelompok dan Model Kreatif-Produktif Berdasarkan Gaya Belajar Peserta didik SMA Kelas XI”. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pascasarjana, Univesitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof Dr. Subyantoro, M.Hum, Pembimbing II Dr.Wagiran, M.Hum. Kata Kunci : menulis teks eksplanasi, model investigasi kelompok, model kreatif- produktif, gaya belajar sensing, gaya belajar intuition Pembelajaran menulis teks eksplanasi menuntut peserta didik menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena. Dalam kaitannya dengan genre teks, teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam, sosial maupun budaya.Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan gaya belajar peserta didik. Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah keefektifan pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan model investigasi kelompok berdasarkan gaya belajar peserta didik SMA kelas XI? (2) bagaimanakah keefektifan pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan model kreatif-produktif berdasarkan gaya belajar peserta didik SMA kelas XI? (3) bagaimanakah perbedaan keefektifan pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan model investigasi kelompok dan model kreatif-produktif berdasarkan gaya belajar peserta didik SMA kelas XI? Adapun tujuan penelitian ini (1) menjelaskan keefektifan pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan model investigasi kelompok berdasarkan gaya belajar peserta didik kelas XI SMA, (2) menjelaskan keefektifan pembelajaran menuls teks eksplanasi dengan model kreatif produktif berdasarkan gaya belajar peserta didik kelas XI SMA (3) menjelaskan perbedaan keefektifan pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan model investigasi kelompok dan model kreatif produktif berdasarkan gaya belajar peserta didik kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen, nonequivalen control design. Pengampilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 tambusai dan SMA Negeri 2 Rambah Hilir. Teknik analisis data instrumen menggunakan uji validitas dan reabilitas, sedangkan untuk menguji sampel menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Analisis data akhir menggunakan uji t untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menulis teks eksplanasi dan uji anova untuk mengetahui perbedaan keefektifan antara kedua model tersebut. Hasil penelitian ini yaitu, (1) hasil rata-ratapeserta didik gaya belajar sensing yaitu, 84.71, sedangkan hasil rata-rata peserta didik gayabelajar intuition yaitu 78.15. Hasil independent t-testmenunjukkan nilai sig = 0.000 < 0.05. Jadi hasil belajar kelas investigasi kelompok dengan gaya belajar sensing berbeda dengan hasil belajar gaya belajar intuition. (2) hasil rata-rata peserta didik gaya belajar intuition yaitu, 80.50, sedangkan hasil rata-rata peserta didikgaya belajar gaya sensing yaitu 77,79. Hasil independent t-testmenunjukkan nilai sig = 0.041 < 0.05. Jadi, hasil belajar kelas kreatif- produktif dengan gaya belajar sensing berbeda dengan hasil belajar gaya belajar intuition (3) Berdasarkan uji anova pada baris gaya belajar menunjukkan bahwa nilai sig = 0.047 < 0.05 berarti terdapat perbedaan hasil belajar berdasarkan gaya belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan model investigasi kelompok lebih efektif digunakan pada peserta didik bergaya belajar sensing (2) Pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan model kreatif-produktif lebih efektif digunakan pada peserta didik bergaya belajar intuition. (3) pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan model investigasi kelompok lebih efektif daripada model kreatif-produktif berdasarkan gaya belajar peserta didik. Saran dalam penelitian ini yaitu (1) pendidik bahasa Indonesia hendaknya menerapkan model pembelajaran investigasi kelompok pada peserta didik bergaya belajar sensing dan model kreatif-produktif pada siswa bergaya belajar intuition pada pembelajaran menulis teks eksplanasi (2) pendidik hendaknya kreatif dan inovatif dalam menggunakan model dan media pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi peserta didik agar lebih termotivasi untuk aktif dan kreatif sehingga proses pembelajaran lebih menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : menulis teks eksplanasi, model investigasi kelompok, model kreatif- produktif, gaya belajar sensing, gaya belajar intuition |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > Special Education > Language and literature education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 04:28 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 04:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40592 |
Actions (login required)
View Item |