FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DALAM PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK YAYASAN PEMBINAAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT (YPPM) BOJA


Setyani Yulia Ningrum , 7101406621 (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DALAM PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK YAYASAN PEMBINAAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT (YPPM) BOJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DALAM PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK YAYASAN PEMBINAAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT (YPPM) BOJA]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DALAM PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK YAYASAN PEMBINAAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT (YPPM) BOJA) - Published Version
Download (640kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana faktor intern dan faktor ekstern mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas X dalam program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Yayasan Pembinaan Pembangunan Masyarakat (YPPM) Boja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran dengan jumlah siswa 71 orang, penelitian ini disebut penelitian populasi. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu faktor intern (X1) dan faktor ekstern (X2) serta variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner (angket) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa variabel faktor intern termasuk kategori tinggi dengan persentase 73,04% memiliki indikator yang meliputi faktor jasmaniah (73,86%) kategori tinggi, faktor psikologis (72,98%) kategori tinggi, dan faktor kelelahan (72,18%) kategori tinggi. Sedangkan variabel faktor ekstern termasuk kategori tinggi degan persentase 71,63% memiliki indikator yang meliputi faktor keluarga (71,64%) kategori tinggi, faktor sekolah (71,56%) kategori tinggi, dan faktor masyarakat (71,92%) kategori tinggi. Simpulan bahwa faktor intern mempengaruhi prestasi belajar dalam kategori tinggi yang meliputi faktor jasmaniah, faktor psikologis, dan faktor kelelahan. Sedangkan faktor ekstern mempengaruhi prestasi belajar yang meliputi faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah pada faktor intern yang mempunyai pengaruh paling kecil pada indikator faktor kelelahan sehingga siswa diharapkan lebih pintar lagi dalam mengatur waktu untuk belajar dan waktu untuk istirahat agar waktu belajar dan waktu istirahat berjalan dengan seimbang supaya tidak terjadi kelelahan dalam proses belajar. Pada faktor ekstern yang memiliki pengaruh paling kecil pada indikator faktor sekolah sehingga sekolah diharapkan lebih memberikan kelengkapan dalam proses belajar mengajar seperti menyediakan buku-buku yang menunjang dalam kegiatan belajar mengajar, menyediakan alat-alat praktik yang lebih lengkap agar siswa lebih tertarik pada pelajaran dan dapat meningkatkan prestasi belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, administrasi perkantoran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2011 03:24
Last Modified: 25 Apr 2015 05:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4059

Actions (login required)

View Item View Item