PEMBUATAN MODUL PENGOPERASIAN DIGITAL LEVEL PADA MATA KULIAH ILMU UKUR TANAH LANJUT PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Lia Risqi Nurjanah, 5101416016 (2020) PEMBUATAN MODUL PENGOPERASIAN DIGITAL LEVEL PADA MATA KULIAH ILMU UKUR TANAH LANJUT PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101416016.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Ilmu Ukur Tanah Lanjut merupakan salah satu mata kuliah pilihan yang ada dalam kurikulum Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Semarang. Pada mata kuliah ilmu ukur tanah lanjut terdapat materi pengoperasian digital level. Akan tetapi bahan ajar mengenai digital level masih sangat kurang. Sehingga diperlukan media pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa mempelajari materi pengoperasian digital level. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan Modul Pengoperasian Digital Level dan pendapat mahasiswa terhadap Modul Pengoperasian Digital Level. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data yang digunakan untuk mengetahui kelayakan modul dengan menggunakan kuisioner/angket. Adapun uji kelayakan modul dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan pendapat mahasiswa terhadap modul. Hasil penelitian oleh ahli materi mendapatkan persentase rata-rata 83.33% dengan kategori layak, persentase rata-rata ahli media sebesar 92.33% dengan kategori sangat layak, dan persentase rata-rata pendapat mahasiswa terhadap modul sebesar 85.48% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Modul Pengoperasian Digital Level layak digunakan sebagai bahan ajar yang mendukung proses pembelajaran dan membantu mahasiswa memahami materi pengoperasian digital level.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul, Ilmu Ukur Tanah Lanjut, Pengoperasian Digital Level
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Oct 2020 03:35
Last Modified: 26 Oct 2020 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40585

Actions (login required)

View Item View Item