PENCIPTAAN ILUSTRASI BUKU PENGENALAN GERAKAN DASAR TARI GAMBYONG UNTUK ANAK DENGAN TEKNIK DIGITAL


Rizqia Dinul Ulya Firdausi, 2401415040 (2020) PENCIPTAAN ILUSTRASI BUKU PENGENALAN GERAKAN DASAR TARI GAMBYONG UNTUK ANAK DENGAN TEKNIK DIGITAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENCIPTAAN ILUSTRASI BUKU PENGENALAN GERAKAN DASAR TARI GAMBYONG UNTUK ANAK DENGAN TEKNIK DIGITAL]
Preview
PDF (PENCIPTAAN ILUSTRASI BUKU PENGENALAN GERAKAN DASAR TARI GAMBYONG UNTUK ANAK DENGAN TEKNIK DIGITAL) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penciptaan ilustrasi buku pengenalan gerakan dasar tari Gambyong untuk anak ini adalah konteks kebudayaan. Masyarakat Indonesia memiliki kebudayaan yang beranekaragam, baik itu kebudayaan berupa tarian adat, upacara adat, rumah adat, pakaian adat, dan lainnya sebagainya. Seiring berkembangnya teknologi, banyak budaya dari negara lain dengan mudah masuk ke Indonesia, seperti musik, film, tari, pakaian dan lain sebagainya. Namun yang paling diminati oleh masyarakat indonesia, khususnya anak-anak berupa tari dan musik. Hal ini dikarenakan era globalisasi yang sangat berkembang sehingga anak dengan mudah menerima informasi dari internet dengan menggunakan alat komunikasi berupa Handphone, laptop, Ipad dan lain sebagainya. Oleh karena itu penulis menciptakan buku ilustrasi yang berisi tentang gerakan dasar tari Gambyong untuk anak agar mempermudah anak dalam mengenal derakan dasar tari Gambyong. Dalam proyek studi ini meliputi proses pengumpulan data, gagasan dan proses memvisualisasikan gagasan dengan melalui prosedur: pembuatan karakter, pembuatan roughsketch, digitalisasi, colouring, layouting, printout, pembuatan buku dan penjilidan. Hasil proyek studi berjumlah 34 halaman berukuran 38 cm x 25 cm dan cover luar berukuran 21 cm x29,7 cm yang didalamnya terdapat gerakan dasar tari Gambyong berupa: nyekiting, ngrayung, mentang, kebyok, kebyak, seblak srisig, embat, debeg, gejug, mendhak, dan sindet yang dikemas dengan penggayaan kartunal yang terlihat pada pemilihan warna yang cerah dan mendistorsikan bentuk karakter. Harapan penulis dalam penciptaan ilustrasi buku ini adalah untuk mempermudah anak dalam memahami gerakan dasar tari gambyong dan menambah minat anak dalam membaca dan sebagai upaya untuk melestarikan budaya kepada penerus bangsa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Dasar Tari Gambyong, Tari Gambyong, Ilustrasi, Anak
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Oct 2020 03:06
Last Modified: 26 Oct 2020 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40582

Actions (login required)

View Item View Item