IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENGGAMBAR RAGAM HIAS FLORA DI KELAS VII A SMP AGUS SALIM SEMARANG
Rina Aenun Rohmadiati, 2401413024 (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENGGAMBAR RAGAM HIAS FLORA DI KELAS VII A SMP AGUS SALIM SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENGGAMBAR RAGAM HIAS FLORA DI KELAS VII A SMP AGUS SALIM SEMARANG)
- Published Version
Download (6MB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran merupakan salah satu bagian dari strategi guru untuk membangkitkan kreativitas siswa. Implementasi model pembelajaran yang tepat berpeluang mengoptimalkan kreativitas yang dimiliki oleh siswa sehingga pengetahuan yang dimiliki lebih bermakna dan bermanfaat untuk kehidupan peserta didik. Tujuan penelitian adalah mengkaji implementasi model pembelajaran kontekstual dan mendiskripsikan hasil karya siswa dalam dalam menggambar ragam hias flora di kelas VII A SMP Agus Salim Semarang. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan pendekatan kuantitatif pada analisis karya. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data melalui teknik triangulasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan hal sebagai berikut. Pertama, pelaksanaan implementasi model pembelajaran kontekstual terdapat kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Pelaksanaan implementasi model pembelajaran kontektual dalam menggambar ragam hias flora di kelas VII A SMP Agus Salim Semarang dilaksanakan dengan 5 tahapan yaitu (1) mengkaitkan, (2) mengalami, (3) menerapkan, (4) bekerjasama dan (5) memindahkan. Hasil pembelajaran menggambar ragam hias flora menghasilkan 32 karya dengan total nilai 2640,3 dan nilai rata-rata kelas adalah 82,5. Berdasarkan aspek ide/gagasan dalam menggambar ragam hias flora, siswa kelas VII A SMP Agus Salim Semarang lebih banyak yang memilih bentuk daun sebagai ide menggambar ragam hias flora dengan persentase 37,5%. Diketahui bahwa siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori sangat baik 7 siswa 22%, siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori baik sebanyak 20 siswa 62,5%, serta terdapat pula 5 siswa 1,56% mendapatkan nilai dengan kategori cukup.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Model pembelajaran kontekstual, Ragam Hias Flora. |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR N Fine Arts > NX Arts in general |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 02:59 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 02:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40578 |
Actions (login required)
View Item |