PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN PERENCANAAN TANGGA PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI BANGUNAN 2 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Zulfa Maulidina Nikmah, 5101415028 (2020) PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN PERENCANAAN TANGGA PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI BANGUNAN 2 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101415028.pdf]
Preview
PDF
Download (16MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Konstruksi Bangunan 2 merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan. Mata kuliah ini menuntut mahasiswa agar dapat menguasai konsep perencanaan konstruksi bangunan bertingkat, dan salah satu materi yang dibahas adalah perencanaan tangga. Pada proses pembelajaran mata kuliah Konstruksi Bangunan 2, dosen pengampu hanya memberikan penjelasan didepan kelas. Sehingga tidak sedikit mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menyerap pembelajaran terutama pemahaman mengenai perencanaan tangga, apalagi belum adanya sumber belajar mandiri yang dapat digunakan. Maka dari itu, diperlukannya suatu media atau alat bantu pembelajaran dalam hal ini berupa modul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar persentase validasi ahli materi, ahli media dan presepsi mahasiswa terhadap kelayakan modul pembelajaran perencanaan tangga yang dibuat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dan hasil penelitian berupa produk modul perencanaan tangga. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapat persentase nilai ratarata oleh ahli materi sebesar 83% dengan kategori sangat layak. Penilaian oleh ahli media memperoleh persentase nilai rata-rata sebesar 93% dengan kategori sangat layak. Selain itu dari uji presepsi mahasiswa memperoleh persentase nilai rata-rata 84% dengan kategori sangat layak. Dari ketiga persentase tersebut maka dapat disimpulkan bahwa produk modul perencanaan tangga sudah layak digunakan oleh mahasiswa sebagai sumber belajar pendukung saat perkuliahan maupun sumber belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul, Perencanaan Tangga, Konstruksi Bangunan 2
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Oct 2020 03:01
Last Modified: 26 Oct 2020 03:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40577

Actions (login required)

View Item View Item