FUNGSI DAN GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU KARYA SERGE GAINSBOURG DALAM ALBUM DU CHANT À LA UNE!...


Choirunisa Septyanawati, 2311415036 (2020) FUNGSI DAN GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU KARYA SERGE GAINSBOURG DALAM ALBUM DU CHANT À LA UNE!... Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FUNGSI DAN GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU KARYA SERGE GAINSBOURG DALAM ALBUM DU CHANT À LA UNE!...]
Preview
PDF (FUNGSI DAN GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU KARYA SERGE GAINSBOURG DALAM ALBUM DU CHANT À LA UNE!...) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk fungsi bahasa dan gaya bahasa apa saja pada lirik-lirik lagu karya Serge Gainsbourg dalam Du chant à la une!.... Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah fungsi bahasa milik Roman Jakobson dan gaya bahasa milik Marc Bonhomme. Metode penyediaan data yang digunakan adalah metode simak. Metode analisis yang digunakan adalah metode agih. Penelitian ini menunjukkan bahwa pada lirik lagu karya Serge Gainsbourg dalam album Du chant à la une!... terdapat fungsi bahasa dengan fungsi dominan yaitu fungsi puitis sejumlah 116 data. Terdapat pula gaya bahasa dengan gaya dominan, yaitu ironi sebanyak 9 data. Dari hasil analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ketiga lagu karya Gainsbourg menghasilkan efek mnémonique yang memudahkan untuk mengingat lagu-lagu tersebut sehingga perasaan menyenangkan dapat tercipta saat mendengarkannya. Selain itu, lirik lagu dari ketiga lagu ini terasa semakin hidup karena pemanfaatan bahasa melalui sindiran digunakan dalam menyampaikan kesengsaraan dan keprihatin para buruh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lirik lagu, fungsi bahasa, gaya bahasa.
Subjects: P Language and Literature > PU French Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Oct 2020 02:53
Last Modified: 26 Oct 2020 02:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40575

Actions (login required)

View Item View Item