ANALISIS PRAANGGAPAN PADA FILM MUNE : LE GARDIEN DE LA LUNE KARYA BENOÎT PHILIPPON DAN ALEXANDRE HEBOYAN


Adityas Bella Ocktaviana, 2311415027 (2020) ANALISIS PRAANGGAPAN PADA FILM MUNE : LE GARDIEN DE LA LUNE KARYA BENOÎT PHILIPPON DAN ALEXANDRE HEBOYAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PRAANGGAPAN PADA FILM MUNE : LE GARDIEN DE LA LUNE KARYA BENOÎT PHILIPPON DAN ALEXANDRE HEBOYAN]
Preview
PDF (ANALISIS PRAANGGAPAN PADA FILM MUNE : LE GARDIEN DE LA LUNE KARYA BENOÎT PHILIPPON DAN ALEXANDRE HEBOYAN) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Praanggapan merupakan salah satu cabang ilmu Pragmatik. Praanggapan selalu dikaitkan dengan perikutan tetapi dalam penelitian ini hanya praanggapan saja yang dianalisis oleh peneliti. Praanggapan merupakan asumsi sebelum suatu tuturan terjadi yang dipahami oleh peserta tutur (penutur dan mitra tutur). Praanggapan dapat memperkecil terjadinya kesalahpahaman antara penutur dan mitra tutur. Hal ini tidak hanya berpengaruh dalam proses berbahasa saja, tetapi juga pada pola pikir manusia. Praanggapan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu praanggapan pragmatik atau praanggapan yang dapat ditentukan berdasarkan konteks dari suatu tuturan. Penelitian ini didasarkan pada teori pokok oleh Yule (1996), bahwa persepsi praanggapan hanya akan menjadi praanggapan yang sebenarnya dalam konteks dengan penutur. Yule membagi praanggapan menjadi 6 jenis yaitu praanggapan eksistensial, praanggapan faktual, praanggapan leksikal, praanggapan struktural, praanggapan nonfaktual, dan praanggapan konterfaktual. Sumber data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah film Mune Le Gardien de La Lune. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis praanggapan yang ada pada dialog dalam film tersebut. Pada penelitian ini digunakan dua pendekatan, yaitu secara teoritis dan secara metodologis. Secara teoritis digunakan pendekatan Pragmatis dan secara metodologis digunakan pendekatan deskriptif kualitatif analitis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan metode simak. Dalam penelitian ini, teknik yang digunakan yakni Teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC). Selanjutnya penulis menggunakan teknik lanjutan yaitu teknik catat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan pragmatis dengan teknik dasar, pilah unsur penentu (PUP) dengan teknik lanjutan Hubung Banding Menyamakan (teknik HBS). Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat berbagai variasi jenis praanggapan versi George Yule, yaitu terdapat 48 (30,6%) Praanggapan eksistensial, 45 (28,7%) praanggapan faktual, 14 (8,9%) praanggapan leksikal, 45 (28,7%) praanggapan struktural, 1 (0,6%) praanggapan nonfaktual, dan 4 (2,5%) praanggapan konterfaktual. Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap film Mune : Le Guardien de la Lune, dapat dijelaskan bahwa penggunaan praanggapan eksistensial lebih mendominasi dalam tuturan yang ada pada film tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Praanggapan, Mune: Le Gardien de la Lune, Konteks, teori Yule
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Oct 2020 02:50
Last Modified: 26 Oct 2020 02:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40573

Actions (login required)

View Item View Item