HALAMAN JUDUL PENGARUH PENAMBAHAN SARI BELIMBING WULUH (Averrhoa billimbi L) TERHADAP KUALITAS DODOL


Hety Putri Sulasih, 5401414038 (2019) HALAMAN JUDUL PENGARUH PENAMBAHAN SARI BELIMBING WULUH (Averrhoa billimbi L) TERHADAP KUALITAS DODOL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL PENGARUH PENAMBAHAN SARI BELIMBING WULUH (Averrhoa billimbi L) TERHADAP KUALITAS DODOL]
Preview
PDF (HALAMAN JUDUL PENGARUH PENAMBAHAN SARI BELIMBING WULUH (Averrhoa billimbi L) TERHADAP KUALITAS DODOL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L) merupakan pangan fungsional yang dapat dimanfaatkan pada setiap bagian baik bunga, buah, daun, maupun kulit batangnya dan telah dimanfaatkan masyarakat. Buah belimbing wuluh memiliki kandungan senyawa kimia antara lain saponin, flavonoid dan polifenol. Pada penelitian ini peneliti akan membuat dodol sari belimbing wuluh dengan perlakuan dengan penambahan 0%, 40% dan 50%, untuk mempermudah pemanfaatannya sebagai bahan pangan fungsional dodol sari belimbing wuluh, kemudian diolah menjadi salah satu produk olahan yang digemari oleh konsumen dari anak-anak hingga orang dewasa yaitu dodol sari belimbing wuluh. Tujuan Penelitian (1) Untuk mengetahui pengaruh penambahan dari sari belimbing wuluh terhadap dodol yang ditinjau dari aspek warna, aroma, rasa, dan tekstur 2) Untuk mengetahui tingkat kesukaan masyarakat terhadap kualitas dodol penambahan sari belimbing wuluh. 3) Untuk mengetahui kandungan Vitamin C, dan Serat Pangan pada dodol sari belimbing wuluh. 4) Mengetahui umur simpan dodol sari belimbing wuluh secara alami. Objek penelitian adalah dodol dengan penambahan sari belimbing wuluh yang berbeda. Variabel bebas adalah dodol dengan penambahan sari belimbing wuluh dengan prosentase 0%, 40% dan 50%. Variabel terikat adalah kualitas inderawi dodol hasil eksperimen ditinjau dari aspek tekstur, aroma (tengik,asam, dan harum) rasa (gurih,asam,dan manis), tingkat kesukaan masyarakat, serta pengujian kandungan vitamin C dan Serat Pangan. Variabel kontrolnya meliputi pemilihan bahan, komposisi bahan, peralatan dan proses pembuatan. Desain eksperimen menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) faktor tungga Metode pengumpulan data menggunakan penelitian subyektif untuk pengujian inderawi dan uji kesukaan dan penilaian obyektif kualitas terbaik dilakukan dengan uji laboratorium terhadap kandungan Vitamin C dan Serat Pangan, untuk pengujian Vitamin C menggunakan pengujian Spektrometri sedaangkan gavimetri untuk Serat Pangan. Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah panelis terlatih dan panelis tidak terlatih. Analisis data menggunakan analisis varian klasifikasi tunggal, sedangkan uji organoleptik menggunakan analisis deskriptive persentase. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh penambahan sari belimbing wuluh pada indikator rasa, warna, aroma tengi dan tekstur. Sedangkan untuk Kualitas terbaik dodol sampel C (50%). Uji kesukaan sampel A dengan persentase 56.9% termasuk kriteria Agak suka, sampel B (40%) dan C (40%) dengan nilai persentase 69.9% dan 71.3% termasuk kriteria cukup disukai. Kandungan dodol kualitas terbaik yaitu vitamin C 70.31% dan Serat Pangan 22.63%. Simpulannya adalah tidak ada pengaruh penambahan sari belimbing wuluh terhadap kualitas dodol pada indikator tekstur, aroma (tengik), rasa (asam) dan warna tetapi untuk indikator aroma (harum)

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penambahan Sari Belimbing Wuluh, Kualitas Dodol
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY2 Tata Boga S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Oct 2020 02:39
Last Modified: 26 Oct 2020 02:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40570

Actions (login required)

View Item View Item