PENGEMBANGAN MEDIA PENILAIAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA JAWA BERBASIS TES KOMPUTER UNTUK MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA JAWA


Irkhamudin, 2002512006 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PENILAIAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA JAWA BERBASIS TES KOMPUTER UNTUK MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA JAWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PENILAIAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA JAWA BERBASIS TES KOMPUTER UNTUK MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA JAWA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PENILAIAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA JAWA BERBASIS TES KOMPUTER UNTUK MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA JAWA)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Irkhamudin, 2018. Pengembangan Media Penilaian Membaca Pemahaman Bahasa Jawa Berbasis Tes Komputer untuk Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Prof. Dr. Subyantoro, M.Hum., Pembimbing II: Prof. Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum. Kata kunci: media evaluasi, membaca pemahaman, tes berbasis komputer. Aspek kemampuan membaca merupakan salah satu aspek kemampuan berbahasa yang dipelajari dalam perkuliahan untuk mahasiswa Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Negeri Semarang. Salah satu aspek membaca yang menjadi materi perkuliahan adalah membaca pemahaman. Pada perkuliahan membaca pemahaman, sesuai dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), sudah dilengkapi dengan evaluasi akan tetapi masih dalam bentuk paper based test. Dari hal tersebut, peneliti menyusun angket kebutuhan mahasiswa dan dosen, dan didapatkan sebuah rumusan untuk penyusunan sebuah media penilaian membaca pemahaman yang berbasis komputer digital. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) kebutuhan dosen dan mahasiswa terhadap media penilaian membaca pemahaman bahasa Jawa, (2) tahapan pengembangan dan penyusunan prototype media penilaian membaca pemahaman bahasa Jawa, dan (3) hasil uji keefektifan pada kelas terbatas media penilaian membaca pemahaman bahasa Jawa berbasis tes komputer untuk mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Negeri Semarang. Dalam mengembangkan media penilaian membaca pemahaman bahasa Jawa berbasis komputer ini, langkah penelitian Research & Development disusun singkat hanya sampai pada uji kelas terbatas. Tahap penelitian ini dimulai dari (1) tahap potensi dan masalah, (2) tahap pengumpuan data, (3) tahap desain prototipe, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, dan (6) uji media evaluasi pada kelas terbatas. Setelah dilakukan penelitian, didapatkan hasil bahwa (1) mahasiswa dan bapak ibu dosen membutuhkan media penilaian membaca pemahaman yang berbasis komputer, (2) media penilaian membaca pemahaman disusun menggunakan aplikasi penyusun soal Wondershare Quiz Creator yang mempunyai desain flash dan bisa dikerjakan pada media komputer maupun perangkat telepon genggam yang mempunyai koneksi internet. Aspek desain, grafika dan soal pada media evaluasi ini disusun sesuai angket kebutuhan dan masukan dari para ahli media dan ahli materi, dan (3) media ini bisa digunakan oleh mahasiswa dan bapak ibu dosen dengan efektif, baik dan menarik. Saran dari penelitian ini adalah (1) diharapkan dosen dapat mengembangkan media evaluasi untuk masing-masing mata kuliah, (2) diperlukan adanya pelatihan yang lebih intensif kepada bapak-ibu dosen agar bisa lebih mengembangkan media evaluasi masing-masing mata kuliah, dan (3) dirasa perlu lebih banyak diadakan penelitian mengenai evaluasi khsusnya dalam konsep tes komputer untuk aspek kebahasan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: media evaluasi, membaca pemahaman, tes berbasis komputer.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 24 Oct 2020 07:40
Last Modified: 24 Oct 2020 07:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40548

Actions (login required)

View Item View Item