AKTIVITAS MUSIKAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN MUSIK MELALUI LAGU ANAK PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SEMARANG


SYAHRUL SYAH SINAGA, 0205613010 (2018) AKTIVITAS MUSIKAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN MUSIK MELALUI LAGU ANAK PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SEMARANG. Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of AKTIVITAS MUSIKAL  DALAM PROSES PEMBELAJARAN MUSIK MELALUI LAGU ANAK PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (AKTIVITAS MUSIKAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN MUSIK MELALUI LAGU ANAK PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SEMARANG) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Syahrul Syah Sinaga. 2017. Aktivitas Musikal dalam Proses Pembelajaran Musik Melalui Lagu Anak pada Tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Semarang. Disertasi Program Studi Pendidikan Seni S-3, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Promotor: Prof. Dr. Tjetjep Rohendi Rohidi, MA. Kopromotor: Prof. Dr. Soesanto, M.Pd. Anggota Promotor: Prof. Dr. Victor Ganap, M.Ed. Kata Kunci: aktivitas musikal, pembelajaran musik, kreativitas, formula lagu anak. Kompetensi yang dimiliki oleh guru kelas pada tingkat sekolah dasar masih sangat kurang ketika mengajarkan pembelajaran musik pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan. Berdasarkan kurikulum 2013 yang digunakan, terdapat tiga jenis lagu yang harus diajarkan yaitu lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak. Pada pelaksanaannya, lagu anak masih terabaikan karena kurangnya referensi lagu anak yang bisa diajarkan. Penelitian ini bertujuan: (1) menganalisis aktivitas musikal dalam proses pembelajaran musik yang ada di SD Negeri 01 Ungaran, SD Mardi Rahayu 01 dan SD Mardi Rahayu 02 Ungaran; (2) menganalisis kreativitas guru kelas dalam mengatasi kendala dalam proses pembelajaran musik melalui lagu anak pada tingkat sekolah dasar (3) memformulasikan lagu anak-anak sehingga dapat mengembangkan materi ajar dalam proses pembelajaran musik pada tingkat sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan memusatkan pada metode field research (riset lapangan) karena itu data yang diperoleh bersumber dari hasil penelitian lapangan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan temuan sebagai berikut. Pertama, terdapat aktivitas musikal yang dibedakan kedalam dua jenis yaitu bernyanyi dan bermain alat musik. Guru kelas dalam mengajarkan pembelajaran musik tergantung pada kompetensi yang dimiliki masing-masing guru. Kedua, kreativitas guru sangat diperlukan dalam mengembangkan proses penyampaian materi musik. Ketiga, formulasi lagu anak harus dikuasai guru dalam mengembangkan bahan ajar sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Kesimpulan penelitian ini memberikan wawasan kepada guru kelas supaya meningkatkan kompetensi musikal yang dimiliki dalam mengembangkan materi ajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Saran yang diberikan terutama kepada guru musik untuk mengikuti workshop dan pelatihan peningkatan kompetensi musik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: aktivitas musikal, pembelajaran musik, kreativitas, formula lagu anak.
Subjects: L Education > Special Education > Art education
N Fine Arts > NN Music
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S3
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 24 Oct 2020 03:10
Last Modified: 24 Oct 2020 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40514

Actions (login required)

View Item View Item