PENGEMBANGAN MODEL STRATEGI PEMBERDAYAAN GURU MELALUI WORKSHOP TERPADU PADA KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN


Syamsuddin, 0601609009 (2018) PENGEMBANGAN MODEL STRATEGI PEMBERDAYAAN GURU MELALUI WORKSHOP TERPADU PADA KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN. Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL STRATEGI PEMBERDAYAAN GURU MELALUI WORKSHOP TERPADU PADA KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL STRATEGI PEMBERDAYAAN GURU MELALUI WORKSHOP TERPADU PADA KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN) - Submitted Version
Download (942kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Syamsuddin, 2018. “Pengembangan Model Strategi Pemberdayaan Guru Melalui Workshop Terpadu pada Kelompok Kerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan”. Disertasi. Program Studi Pendidikan Olahraga. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Promotor Prof. Dr. Tandiyo Rahayu, M. Pd, Kopromotor Dr. Setya Rahayu, M. S., Anggota Promotor Prof. Dr. Totok Sumaryanto F, M. Pd Kata kunci: Pengmbangan, KKG PJOK, R & D. Fokus Penelitian ini pada kegiatan KKG PJOK di kabupaten Ogan Ilir tahun 2016-2017. Peneliti ingin melihat kondisi faktual tentang pelaksanaan KKG PJOK apakah sesuai dengan standar penyelenggaraan KKG yang diterbikan Departemen Pendidikan Nasional, melalui Ditjen PMPTK tahun 2009. Berdasarkan data ada 2 KKG PJOK yang aktif yaitu: KKG PJOK kecamatan Indralaya Utara dan KKG PJOK kecamatan Lubuk Keliat dari 16 kecamatan di kabupaten Ogan Ilir. Pada beberapa pertemuan di KKG PJOK pesertanya semakin berkurang. Kehadiran antara pertemuan pertama dan selanjutnya bervariasi sehingga sulit untuk menjelaskan arti penting adanya KKG PJOK ini. Hal ini diperparah oleh birokrasi dari pihak sekolah, nara sumber yang kurang kompeten, latar belakang pendidikan guru PJOK yang heterogen, program kerja yang kurang menarik, serta belum tersedia petunjuk pelaksanaan KKG spesifik PJOK. Penelitian ini bertujuan: 1) Menganalisis kondisi faktual pemberdayaan guru melalui workshop terpadu pada KKG PJOK di kabuapaten Ogan Ilir. 2) Menganalisis model hipotetik pemberdayaan guru melalui workshop terpadu pada KKG PJOK di kabupaten Ogan Ilir. 3) Menganalisis kelayakan model final strategi pemberdayaan guru melalui melalui workshop terpadu pada KKG PJOK di kabuapaten Ogan Ilir. Metode penelitian R & D dengan 10 langkah dan disederhanakan menjadi 4 tahap yaitu: pendahuluan, pengembangan, validasi dan hasil akhir. Pada tahapan-tahapan tersebut peneliti mengkombinasikan prosesnya SWOT, FGD, dan AHP. Melalui pengolahan data dan analisis SWOT didapatkan empat strategi dengan hasil perhitungan skala prioritas utama adalah revitalisasi KKG PJOK. Dari analisis FGD didapat empat kriteria dengan kriteria utama adalah dukungan pemda. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan rekomendasi penelitian adalah revitalisasi organisasi KKG PJOK dan dukungan secara optimal dari pemda akan dapat mengoptimalkan KKG PJOK di kabupaten Ogan Ilir. Disarankan guru PJOK, pengurus KKG PJOK, stakeholder untuk dapat memahami dan melaksanakan kegiatan KKG PJOK sesuai dengan prosedur yang ada. Untuk peneliti sejenis dapat mengembangkan hasil penelitian ini terkait pola revitalisasi organisasi KKG PJOK.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengmbangan, KKG PJOK, R & D.
Subjects: L Education > teacher competence
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S3
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 24 Oct 2020 02:43
Last Modified: 24 Oct 2020 02:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40507

Actions (login required)

View Item View Item