PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UTAR (ULAR TANGGA PINTAR) 3 DIMENSI UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS V DI MI ROUDLOTUL HUDA SEMARANG


Lafinia Maghfira, 2303415027 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UTAR (ULAR TANGGA PINTAR) 3 DIMENSI UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS V DI MI ROUDLOTUL HUDA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UTAR (ULAR TANGGA PINTAR) 3 DIMENSI UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS V DI MI ROUDLOTUL HUDA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UTAR (ULAR TANGGA PINTAR) 3 DIMENSI UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS V DI MI ROUDLOTUL HUDA SEMARANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Banyak siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran membaca bahasa Arab dikarenakan guru hanya menggunakan bahan ajar berupa LKS sehingga siswa bosan, merasa sulit, dan kurang tertarik dengan pembelajaran bahasa Arab. Pada penelitian ini, peneliti menawarkan solusi dengan mengembangkan media pembelajaran yang menarik, interaktif dan kreatif berupa media pembelajaran UTAR (Ular Tangga Pintar) 3 dimensi untuk keterampilan membaca bahasa Arab dengan harapan dapat meningkatkan ketertarikan dan semangat siswa kelas V di MI Roudlotul Huda Semarang. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu, 1) analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media untuk pembelajaran bahasa Arab kelas V di MI Roudlotul Huda Semarang, 2) purwarupa media pembelajaran UTAR (Ular Tangga Pintar) 3 dimensi terhadap keterampilan membaca bahasa Arab kelas V di MI Roudlotul Huda Semarang, 3) hasil uji validasi para ahli terhadap media pembelajaran UTAR (Ular Tangga Pintar) 3 dimensi, 4) analisis SWOT terhadap media pembelajaran UTAR (Ular Tangga Pintar) 3 dimensi terhadap keterampilan membaca bahasa Arab kelas V di MI Roudlotul Huda Semarang. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif, dan desain penelitian menggunakan Research and Development (R&D) hingga tahap kelima yaitu revisi desain setelah validasi oleh ahli. Data penelitian ini diperoleh menggunakan non-tes berupa angket, wawancara, dokumentasi, dan analisis SWOT. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil analisis kebutuhan menunjukan guru dan siswa menghendaki adanya media UTAR (Ular Tangga Pintar) 3 dimensi untuk keterampilan membaca bahasa Arab yang meliputi kosakata, materi dan evaluasi yang dikemas dalam bentuk permainan. Penilaian ahli media dan guru yang meliputi aspek penyajian/tampilan memperoleh nilai rata-rata 92, aspek grafis memperoleh nilai rata-rata 90, aspek kelayakan isi/materi memperoleh nilai rata-rata 94, aspek kelayakan bahasa memperoleh nilai rata-rata 93. Dari seluruh aspek mendapatkan nilai rata-rata 92, sehingga media pembelajaran UTAR (Ular Tangga Pintar) 3 dimensi sangat layak digunakan. Analisis SWOT buku ajar dengan media pembelajaran UTAR yaitu masing-masing media mempunyai kekuatan dan kelemahan, kekuatan pada produk lama bisa dipertahankan dan kelemahan pada produk lama bisa digunakan sebagai acuan pada produk baru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Bahasa Arab, Keterampilan Membaca, Ular tangga
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 23 Oct 2020 14:36
Last Modified: 23 Oct 2020 14:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40495

Actions (login required)

View Item View Item