SURVEI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) MATA PELAJARAN PENJASORKES DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN JENAWI KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2010/ 2011


WIDHY PRADIPTA OKTAVIANTO , 6101406550 (2011) SURVEI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) MATA PELAJARAN PENJASORKES DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN JENAWI KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2010/ 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) MATA PELAJARAN PENJASORKES DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN JENAWI KABUPATEN KARANGANYAR  TAHUN 2010/ 2011]
Preview
PDF (SURVEI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) MATA PELAJARAN PENJASORKES DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN JENAWI KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2010/ 2011) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Komponen penting dari sistem pendidikan salah satunya adalah kurikulum, kurikulum merupakan komponen pendidikan yang dijadikan acuan oleh setiap satuan pendidikan, baik oleh pengelola maupun penyelenggara; khususnya oleh guru dan kepala sekolah. Oleh karena itu, Penerapan KTSP pada mata pelajaran penjasorkes di harapkan dapat menepis persepsi tentang pelajaran penjasorkes yang hanya aktifitas fisik saja. Tetapi juga dapat memahaminya secara mendalam kesehatan rohani dan jasmani untuk siswa. Permasalahan yang akan hendak di kaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan mata pelajaran penjasorkes di SMP Negeri Se-Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar? Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan mata pelajaran penjasorkes di SMP Negeri Se-Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar. Populasi penelitian ini adalah SMP Negeri se-Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Dari SMP Negeri di Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 2 sekolah. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif presentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh keterangan bahwa sebagian besar tanggapan siswa tentang pelaksanaan KTSP di sekolah dalam kategori baik dengan persentase 44%, tanggapan guru tentang pelaksanaan KTSP di sekolah dalam kategori baik dengan persentase 100% dan tanggapan kepala sekolah tentang pelaksanaan KTSP di sekolah dalam kategori baik dengan persentase 100%. Hal ini di karenakan pelaksanaan pembelajaran Penjasorkes dengan KTSP di SMP Negeri se-Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar sudah baik, walaupun masih ada beberapa kendala yang dihadapi seperti keterbatasan sarana prasarana, anggaran dan administrasi pendidik yang masih kurang untuk melengkapi fasilitas. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan pelaksanaan KTSP di SMP Negeri se-Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar termasuk dalam kategori baik. Faktor pendukung dalam pelaksanaan KTSP mata pelajaran Pendidikan Jasmani di SMP Negeri Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar adalah adanya kemampuan pemahanan, kreativitas dan inovasi guru dalam proses pembelajaran. Sedangkan Faktor penghambat dalam pelaksanaan KTSP adalah minimnya fasilitas, prasarana dan sarana serta kondisi alam di Jenawi yang kurang kondusif. Dengan demikian sebaiknya pihak sekolah lebih dapat memahami KTSP secara menyeluruh sehingga dapat melaksanakannya seoptimal mungkin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kurikulum, penjasorkes
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2011 04:13
Last Modified: 25 Apr 2015 05:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4048

Actions (login required)

View Item View Item