KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL IPS KELAS V SDN GUGUS BUDI UTOMO SEMARANG


Aprilia Nur Utami, 1401416245 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL IPS KELAS V SDN GUGUS BUDI UTOMO SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL IPS KELAS V SDN GUGUS BUDI UTOMO SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL IPS KELAS V SDN GUGUS BUDI UTOMO SEMARANG) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar mupel IPS siswa kelas V SDN Gugus Budi Utomo Semarang yang disebabkan pembelajaran yang belum optimal. Penggunaan model pembelajaran belum inovatif membuat siswa pasif dalam pembelajaran, yang berdampak perolehan hasil belajar belum optimal. Sehingga perlu, adanya penerapan model inovatif dan penggunaan media dalam pembelajaran IPS yang sesuai. Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media visual terhadap hasil belajar IPS kelas V SDN Gugus Budi Utomo Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental. Prosedur penelitian menggunakan non equivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gugus Budi Utomo Semarang. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik tes pretest-posttest dan nontes berupa, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, uji t, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan uji t hasil belajar IPS kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung = 4,956 > ttabel = 2,003, dan nilai sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar IPS kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji N-gain kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (0,42013 > 0,24986) kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem based learning berbantuan media visual efektif digunakan pada mupel IPS siswa kelas V SDN Gugus Budi Utomo Semarang. Saran agar pembelajaran mupel IPS dapat menggunakan model pembelajaran inovatif seperti model Problem Based Learning berbantuan media visual sesuai materi dan sintaks model Problem Based Learning sehingga pembelajaran menjadi efektif dan memperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; media visual; mupel IPS; problem based learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 23 Oct 2020 03:28
Last Modified: 23 Oct 2020 03:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40471

Actions (login required)

View Item View Item