HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Regita Santiarini, 1401416231 (2020) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Perhatian orang tua dan motivasi belajar menjadi salah satu faktor penting dalam pendidikan. Namun masih banyak orang tua yang menganggap remeh pendidikan anak. Masih banyak siswa yang kurang mendapat perhatian orang tua dalam belajar. Hal itu menjadi salah satu faktor hasil belajar anak tidak maksimal. Siswa perlu mempunyai motivasi baik dari dalam maupun luar diri siswa untuk meningkatkan hasil belajarnya. Kurangnya perhatian orang tua dan motivasi belajar serta hasil belajar bahasa Indonesia menjadi permasalahan siswa di SDN Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Tujuan dalam penelitian ini adalah: Menguji ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa, (2) menguji ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia, (3) menguji ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 174 siswa dengan sampel sebanyak 105 siswa. Dimana teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Analisis awal menggunakan uji normalitas, uji lineritas, dan uji multikolineritas. Kemudian dilanjutkan dengan uji korelasi sederhana dan uji korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar bahasa Indonesia yaitu sebesar 0,389; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia yaitu sebesar 0,469; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia yaitu sebesar 0,479. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Saran yang diberikan yaitu guru dan orang tua bekerja sama dalam memberikan perhatian terhadap pendidikan anak serta siswa mempunyai dan motivasi untuk mengembangkan diri dalam belajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perhatian orang tua, motivasi belajar, hasil belajar bahasa indonesia
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 23 Oct 2020 03:24
Last Modified: 23 Oct 2020 03:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40468

Actions (login required)

View Item View Item