MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBASIS PROYEK DI LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN AKADEMI KEPOLISIAN


TRI WIDADA, 0101615005 (2019) MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBASIS PROYEK DI LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN AKADEMI KEPOLISIAN. Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBASIS PROYEK DI LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN AKADEMI KEPOLISIAN]
Preview
PDF (MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBASIS PROYEK DI LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN AKADEMI KEPOLISIAN) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Widada, Tri , 2019. “Model Manajemen Pembelajaran Saintifik Berbasis Proyek di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Akademi Kepolisian”. Deertasi. Program Sttudi Manajemen Kependidikan, Program Pascasarjana. Uneversitas Negeri Semarang. Promotor Prof.Dr. H. Achmad Slamet, M.Si, Kopromotor Prof. Dr. Totok Sumaryanto Florentinus, M.Pd, Anggota Promotor Dr. S. Martono, M.Si Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Pembelajaran Saintifik, PembelajaranNBerbasis Proyek. Manajemen pembelajaran di Lemdiklat Akpol meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan. Tahap perencanaan sebatas memahami isi materi pada ranah kognitif, tahap pelaksanaan ada beberapa mata kuliah yang menggunakan kuliah monoton dan sebagian besar peseta didik merasa kurang konsentrasi, tahap pengawasan pembelajaran sebatas melihat proses belajar mengajar berjalan atau tidak dan gadik dalam mengevaluasi hasil belajar menggunakan penilaian non otentik. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) menganalisis model faktual manajemen pembelajaran pada lembaga pendidikan dan pelatihan Akpol, 2) menganalisis model hipotetik manajemen pembelajaran berbasis pendekatan saintifik yang tepat diterapkan di lembaga pendidikan dan pelatihan Akpol, 3) menganalisis model final manajemen pembelajaran berbasis pendekatan saintifik yang tepat diterapkan dilembaga pendidikan dan pelatihan Akpol. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research & Development untuk menyelesaikannya yang dikembangkan oleh Borg & Gall dan dimodifikasi menjadi tiga kelompok oleh Samsudi yang meliputi tahap studi pendahuluan, pengembangan dan validasi. Hasil penelitian pada kondisi faktual menunjukkan bahwa silabus, RPS masih ada yang belum di evaluasi, capaian pembelajaran lulusan aspek kognitif dan evaluasi lebih menekankan evaluasi hasil belajar dengan menggunakan penilaian non otentik. Model manajemen yang sesuai dengan kebutuhan menggunakan pendekatan manajemen berbasis saintifik dengan metode pembelajaran berbasis proyek. Untuk efektifitasnya terjadi perkembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan peserta didik dari ceramah bervariasi yang kemudian melaksanakan pembelajaran berbsasis saintifik membuat lebih aktif, meningkatkan keterampilan mengelola sumber, bahan, alat dalam menyelesiakan tugas, meningkatkan kolaborasi khususnya PjBL yang bersifat kelompok. Kesimpulan penelitian yaitut: 1) perlu adanya peningkatan kreatifitas gadik maupun peserta didik; 2) terdapat peningkatan kreatifitas baik pada gadik maupun peserta didik; 3) Efektifitas model berdasarkan uji efektifitas menujukkan bahwa model manajemen pembelajaran saintifik efektif dalam meningkatkan kemampuan sikap, keterampilan dan pengetahuan peserta didik. Saran agar gadik lebih kreatif menciptakan inovasi-inovasi dalam Proses Belajar Mengajar dan lembaga perguruan tinggi agar memberikan pendampingan, pelatihan kepada gadik untuk menyusun model pembelajaran berbasis saintifik serta menerbitkan buku panduan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Pembelajaran Saintifik, PembelajaranNBerbasis Proyek.
Subjects: L Education > L Education (General) > Education Management
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 23 Oct 2020 03:24
Last Modified: 23 Oct 2020 03:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40467

Actions (login required)

View Item View Item