KEEFEKTIFAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP MUATAN PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS IMAM BONJOL KABUPATEN PEMALANG


Linda Cahyaning Tyas, 1401416226 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP MUATAN PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS IMAM BONJOL KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP MUATAN PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS IMAM BONJOL KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP MUATAN PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS IMAM BONJOL KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar, oleh karena itu, untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, guru harus dapat memilih dan menetapkan model pembelajaran dengan tepat. Berdasarkan hasil obeservasi, wawancara, dan data hasil belajar di kelas V SDN Gugus Imam Bonjol Kabupaten Pemalang, peneliti menemukan permasalahan bahwa, guru belum optimal dalam menggunakan model pembelajaran, dan siswa cenderung pasif karena pembelajaran berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model pembelajaran make a match berbantuan flashcard terhadap hasil belajar muatan pelajaran IPS dan mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental atau eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Imam Bonjol Pemalang dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas V SDN 04 Temuireng sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN 01 Kalirandu sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan non tes; wawancara; observasi; dan dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis, uji gain, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran make a match berbantuan flashcard efektif digunakan pada muatan pelajaran IPS. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung adalah 2,688, sedangkan nilai ttabel yaitu 1,998. thitung lebih besar dari ttabel (2,688 ˃ 1,998) yang berarti model pembelajaran make a match berbantuan flashcard efektif terhadap hasil belajar muatan pelajaran IPS. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu nilai n-gain kelas kontrol adalah 0,273 termasuk dalam kriteria rendah sedangkan nilai n-gain kelas eksperimen adalah 0,347 termasuk dalam kriteria sedang. Pengamatan aktivitas siswa dengan lembar observasi menunjukkan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 70,55% dibandingkan kelas kontrol yaitu 53,93%. Simpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran make a match berbantuan flashcard efektif digunakan pada muatan pelajaran IPS dan dapat meningkatkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran muatan pelajaran IPS. Pembelajaran dengan menggunakan make a match sebaiknya memperhatikan beberapa hal, yaitu perencanaan pembelajaran dan manajemen waktu yang baik sehingga pembelajaran berjalan dengan efekif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan; make a match; hasil belajar; IPS.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 23 Oct 2020 03:15
Last Modified: 23 Oct 2020 03:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40463

Actions (login required)

View Item View Item