PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOPOLI BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL MUPEL IPS MATERI KERAGAMAN PAKAIAN ADAT DIINDONESIA KELAS IV SDN PONGANGAN GUNUNGPATI SEMARANG


Nurul Hidayah, 1401416215 (2020) PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOPOLI BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL MUPEL IPS MATERI KERAGAMAN PAKAIAN ADAT DIINDONESIA KELAS IV SDN PONGANGAN GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOPOLI BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL MUPEL IPS MATERI KERAGAMAN PAKAIAN ADAT DIINDONESIA KELAS IV SDN PONGANGAN GUNUNGPATI SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOPOLI BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL MUPEL IPS MATERI KERAGAMAN PAKAIAN ADAT DIINDONESIA KELAS IV SDN PONGANGAN GUNUNGPATI SEMARANG) - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Suryani (2018:14) mengemukakan bahwa media bermanfaat untuk membuat pengajaran lebih menarik sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar pada siswa, memperjelas isi pembelajaran agar lebih mudah dipahami, menjadikan metode pembelajaran menjadi lebih variasi, serta membuat siswa lebih terlibat dalam pembelajaran. Permasalahan yang terdapat di Kelas IV SDN Pongangan dalam pembelajaran IPSyaitu kurangnya media yang dimiliki sekolah, khususnya media yang tepat untuk menyampaikan materi pada mupel IPS materi Keragaman budaya di Indonesia.Sehingga diperlukan media pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan agar siswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran IPS yaitu melalui Permainan Monopoli berbantuan Media audiovisual. Melalui Permainan Monopoli berbantuan Media audiovisual siswa akan lebih tertantang untuk melakukan permainan dengan serangkaian aturan dalam permainan sehingga menjadi lebih menyenangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana desain pengembangan dan kelayakan media, serta bagaimana keefektifan permainan monopoli berbantuan media audiovisual pada muatan pembelajaran IPS materi keragaman pakaian adat di Indonesia kelas IV SDN Pongangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV SDN Pongangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, angket, dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis kelayakan media dan analisis keefektifan media. Permainan monopoli berbantuan media audiovisual mupel IPS materi keragaman pakaian adat di Indonesia dinyatakan sangat layak oleh ahli materi dengan persentase kelayakan yaitu 93,8%, dan oleh ahli media dengan persentase 86% atau termasuk kriteria sangat layak. Hasil uji perbedaan rata-rata dengan uji t diperoleh thitung15,0317 dan ttabel sebesar 2,02809. Peningkatan rata-rata (N-gain) sebesar 0,39072 dengan kriteria sedang.Simpulan penelitian ini yaitu permainan monopoli berbantuan media audiovisual layak dan efektif digunakan pada mupel IPS materi keragaman pakaian adat di Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: permainan monopoli, media audiovisual;IPS; keragaman pakaian adat di Indonesia;
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 23 Oct 2020 03:12
Last Modified: 23 Oct 2020 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40462

Actions (login required)

View Item View Item