PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN VI KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES


Jumairoh Indah Wulandari, 1401416208 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN VI KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN VI KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN VI KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Motivasi menopang upaya-upaya dan menjaga agar proses belajar siswa tetap berjalan. Motivasi dipengaruh oleh berbagai faktor diantaranya penggunaan gadget dan kebiasaan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan gadget, dan kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Dabin VI Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Variabelnya terdiri dari penggunaan gadget (X1), kebiasaan belajar (X2), dan motivasi belajar (Y). Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling jenis simple random sampling dengan taraf kesalahan 5%. Populasi berjumlah 234 siswa dan sampel sebanyak 134 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan tiga teknik yaitu analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa dengan thitung > ttabel (5,055 > 1,976) dan besar sumbangan pengaruh sebesar 15,0%; (2) terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar siswa dengan thitung > ttabel (8,012 > 1,976) dan besar sumbangan pengaruh sebesar 33,1; (3) terdapat pengaruh penggunaan gadget dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap motivasi belajar dengan Fhitung > Ftabel (35,572 > 3,059); (4) terdapat hubungan antara penggunaan gadget dan kebiasaan belajar dengan nilai korelasi sebesar 0,554. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan gadget dan kebiasaan belajar secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Disarankan pada pihak sekolah, guru serta orangtua hendaknya memerhatikan dan membimbing siswa untuk mengembangkan penggunaan gadget dan kebiasaan belajar yang positif untuk meningkatkan motivasi siswa sehingga optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Gadget, Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 23 Oct 2020 10:11
Last Modified: 23 Oct 2020 10:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40461

Actions (login required)

View Item View Item